fbpx

Twinpack Indonesia

Cetak Kemasan Kopi

Cetak Kemasan Kopi

Peningkatan Kedai kopi atau coffeshop dari ratusan menjadi ribuan dalam 5 Tahun terakhir ini, menimbulkan demand terhadap industri kopi roastery atau coffee roasters. 

Di akhir tahun 2021, Indonesia tercatat sebagai negara konsumsi kopi terbesar kelima di Dunia, dan akan terus meningkat dilima tahun ke Depan.

Besarnya demand tersebut, mendorong tumbuhnya bisnis kopi kemasan baik kopi roasted bean maupun kopi bubuk. Persaingan pun semakin ketat, sehingga diperlukan kemasan cetak dengan desain menarik sebagai daya tarik penjualan dan identitas Produk.

Pentingnya Mendesain Kemasan Kopi

Pesatnya perkembangan industri kopi di seluruh Dunia, menghadirkan ragam varian jenis kopi mancanegara masuk ke Indonesia. Belum lagi dengan munculnya ide-ide baru pengolahan pasca panen, menyuguhkan pilihan rasa menarik kopi specialty untuk dicoba. Kemasan yang cocok untuk mengemas beragam kopi terbaik tersebut biasanya memakai ukuran kemasan 100 gr, 200 – 250 gram, 500 gram ataupun kemasan 1 kg.  Untuk keperluan Kedai Kopi kebanyakan disupply menggunakan kemasan 1 kg, 2,5 kg dan 5 kg. Kemasan Kopi ukuran tersebut mempunyai dimensi yang sangat memungkinkan kita Desain supaya menarik untuk pelanggan. Desain Packaging Kopi sangat membantu untuk menginformasikan hal-hal tersebut.  Secara singkatnya, Desain packaging berfungsi sebagai : 1. Sarana Informasi & Edukasi, informasi Jenis kopi & pengolahannya seperti kemasan kopi arabika atau kemasan kopi robusta, ukuran gramasi kopi, notes rasa kopinya serta edukasi bagaimana cara penyeduhannya supaya rasa keluar maksimal. 2. Identitas Brand, menunjukkan nama brand berserta logonya supaya mudah diingat pelanggan. 3. Eye catching sangat memikat pelanggan, misalnya dengan pilihan warna kemasan, Model Kemasan, dan pilihan kombinasi warna text & image Desain menjadi satu konsep kesatuan desain sebagai ciri khas produk. Beberapa pengusaha kopi memilih desain kemasan simple 1 warna, ciri khas brand dibangun dari Model dan Bahan kemasan. Adapula yang full color menunjukkan banyaknya variasi biji kopi dari Aceh hingga Papua. Penggunaan warna desain yang terlalu banyak berpengaruh ke harga kemasan jika prosesnya print rotogravure. Konsultasikan sebelum Anda memulai cetak kemasan. Persiapkan desain kamu menggunakan tools desain yang mudah diolah untuk cetak kemasan, seperti menggunakan adobe ilustrator (.ai), corel draw (.cdr) maupun pdf vektor. Saat ini banyak tools yang memudahkan dalam mendesin kemasan seperti Canva, usahakan bisa diformat dalam bentuk photoshop Sehingga memudahkan dalam pengolahannya.

Persiapan Cetak Kemasan Kopi

Tetapkan ukuran kemasan kopi yang ingin dicetak

Kemasan kopi yang umum tersedia mulai ukuran 100gr, 250gr, dan 500gr. Namun untuk kebutuhan supply ke Kedai kopi atau coffeeshop, beberapa coffee roastery menggunakan ukuran 1 kg, 2,5 kg ataupun sampai 5 kg. Kemasan kopi besar ini digunakan karena lebih murah dari sisi biaya dan menghemat transportasi dan pengepakan. 

Jika ingin branding Produk dan memiliki varian biji kopi yang beragam, kemasan 250 gram dipilih sebagian besar pengusaha kopi. Ukuran ini sangat pas untuk home brewers atau penikmat kopi rumahan, biasanya untuk stock selama 1 pekan. 

Kemasan kopi ukuran 100 gr seringkali dipakai untuk biji kopi import yang harganya cukup mahal. Beberapa kali dipakai pula untuk event tertentu sebagai hampers misalnya moment hari Raya, sebagai gift saat momen pernikahan atau perkenalan produk baru. 

Untuk pengusaha kopi yang bisnis utamanya roastery coffee, lebih banyak cetak kopi kemasan 1 kg.  Tak jarang pula kopi roastery menerima Maklon coffeshop besar yang mengharuskan cetak kemasan dengan logo produk mereka sendiri.

Cetak Kemasan Kopi 2

Pilih Model Kemasan Kopi

Secara umum, kemasan kopi roasted bean dan kemasan kopi bubuk ukuran 100 gr hingga 5 kg dikategorikan dalam 3 pilihan model, yatu Kemasan Flat Bottom, Kemasan Gusset dan Kemasan standing Pouch. Ketiga jenis Model Kemasan ini bisa untuk kopi arabika kemasan maupun kemasan kopi robusta. 

Kemasan Flat Bottom

cetak kemasan flat bottom

Kemasan Flat Bottom ini secara mendunia dikenal sebagai ciri khas kemasan kopi. Memiliki Zip lock atau zipper seperti kemasan standing pouch.

Mampu berdiri kokoh, karena ada bottom & pinggang/ Gusset. Seolah nampak kotak 3 dimensi. 

Bisa divariasikan ukuran P x L x T, bentuk menjadi tinggi & ramping seperti gusset atau kotak (square pouch)

Kemasan Gusset

Cetak Kemasan Kopi 3

Bentuk Kemasan kopi vintage yang long lasting hingga sekarang. Tidak memiliki Zipper, tetapi bisa digantikan dengan kawat penjepit atau tintie. 

Kemasan juga tidak memiliki Bottom, sehingga kesulitan berdiri kecuali isinya berat.

 

Kemasan Standing Pouch

cetak kemasan standing pouch

Bentuk paling umum dipakai sebagai kemasan di semua industri. Standing Pouch memiliki Zipper atau Zip-Lock sehingga bisa dibuka tutup, dan memiliki bottom untuk berdiri tegak.

 

Tentukan Bahan Kemasan Yang Akan Dipakai

Setiap coffee roastery mempunyai keunggulan konsep masing-masing yang Unik dan Berbeda. Begitu pula dengan konsep desain kemasan cetak yang diinginkan, sangat Inovatif dan Kreatif. Oleh arena itu kami mengakomodir Tidak Hanya desain-desain yang unik tetapi juga dari Bahan kemasan yang kami sediakan.

Misalnya untuk konsep kembali ke alam atau ramah lingkungan, kami menyediakan beragam bahan kraftpaper yang saat ini Tidak Hanya berwarna Coklat tetapi bisa dicetak dengan warna hitam, Merah atau apa saja sesuai kebutuhan brand masing-masing.

Untuk memenuhi kebutuhan kemasan kopi yang biodegradable, kami pun menyediakan bahan paper khusus yang tidak harus dilapisi dengan aluminium foil tetapi Kuat sebagai bungkus kemasan kopi. Saat ini disebut dengan kemasan rice paper, yang bisa dicetak dengan warna-warna sesuai keinginan.

Sedangkan kamu yang ingin cetak kemasan untuk kebutuhan jangka Panjang, paling sesuai menggunakan 3 lapis bahan seperti aluminium foil maupun metalis. Dengan kemasan seperti ini, biji kopi kemasan arabika maupun kemasan kopi robusta Anda bisa awet disimpan selama 6 bulan sampai dengan 1 Tahun.

Sederhananya jika kamu ingin cetak kemasan kopi, silakan hubungi kami Twinpack Indonesia. Customer service kami dengan siap akan membantu Anda mendapatkan kemasan yang tepat dan terbaik, sesuai dengan budget dan konsep desain anda.

 
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.