Cetak Kemasan

Twinpack Indonesia bisa bantu kamu untuk cetak kemasan dengan berbagai macam ukuran, aneka bahan (plastik, aluminium foil) dan pilihan tekonologi terbaru. Dapatkan kemasan berkualitas terbaik dengan pilihan glossy (mengkilap), doff atau mate finish sesuai kebutuhan produk Anda di sini.

Kami mendukung pengusaha skala kecil menengah seperti UMKM di Indonesia untuk maju & berkembang dengan menyediakan harga cetak kemasan murah.

Buat kamu yang sedang mencari tempat cetak kemasan dengan mesin printing canggih, maka di Twinpack Indonesia adalah tempatnya.

Chat 082298916505

model desain cetak kemasan lengkap
Cetak Kemasan 5

Layanan cetak kemasan bahan alufoil atau metalize ini cocok untuk mengemas produk seperti kopi, snack (makanan ringan, cemilan), masker organik, dll.

Tenang sob, gak usah kuatir dengan jumlah minimum pemesanan karena Minimal Order Quantity (MOQ) di tempat kami cukup kecil. Terlebih lagi, Gratis Konsultasi Desain kemasan loh.

Di sini kami jelaskan cetak kemasan meliputi rotogravure printing, cetak flexografi, sablon dan kemasan paper foil. Pengen tahu jenis cetak kemasan yang terbaik? Yuk baca ulasan kami hingga tuntas.

Saat ini, packaging atau kemasan merupakan salah satu unsur yang dapat meningkatkan penjualan produk. Kemasan mampu memberikan value added (nilai tambah) terhadap suatu produk. Oleh karena itu, produk dalam kemasan akan memiliki harga jual lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk tanpa kemasan (jual curah).

Salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual produk adalah menggunakan desain kemasan yang unik dan menarik. Dengan kemasan yang baik dan menarik, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang dijual oleh seller. 

Tahukah kamu bahwa fungsi utama kemasan bukanlah menarik perhatian konsumen? Lalu apa fungsi utama kemasan? Fungsi utama kemasan adalah untuk menjaga keawetan (daya tahan) produk yang ada di dalamnya.

Kemasan Fleksibel

Pernahkah kamu memperhatikan seksama penyusunan produk di rak-rak (shelf) display di supermarket maupun di warung-warung minimarket? Untuk mendapatkan perhatian pembeli, produk ditampilkan dengan kemasan beraneka bentuk, desain dan warna. Produk yang terlihat eye-catching dan menarik, memiliki peluang besar untuk dibeli oleh customer.

Beruntungnya, kali ini Twinpack Indonesia akan membahas proses cetak untuk kemasan berbahan dasar plastik lentur (flexible packaging). Contoh kemasan fleksibel adalah kemasan minuman serbuk & snack (makanan ringan) yang terbuat dari bahan plastik, aluminium foil dan kertas. Kami tidak membahas kemasan plastik keras (rigid packaging) seperti cup/gelas dan botol.

Macam-macam Proses Cetak Kemasan

Proses Cetak untuk kemasan fleksibel umumnya terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Proses cetak dalam (reverse printing), termasuk didalamnya Rotogravure dan Flexo Gravure,  
  • Proses cetak luar (surface printing) termasuk didalamnya cap/stempel dan sablon.

Cetak rotogravure

Teknologi cetak rotogravure merupakan pilihan terbaik untuk mencetak kemasan dalam (reverse printing) bagi pelaku usaha skala menengah-besar.

Prosesnya cepat dan bisa menghasilkan kualitas kemasan yang bagus. Pelajari selengkapnya tentang cetak kemasan rotogravure.

Cetak flexografi

Teknologi/teknik cetak flexografi juga diaplikasikan untuk pencetakan label di atas plastik. Umumnya teknik cetak flexografi lebih sering dijumpai pada pembuatan label/stiker untuk ditempelkan ke botol.

Mesin cetak flexografi lebih pendek dan drum atau pelat silinder berukuran lebih kecil. Hal ini  menjadikan teknologi cetak flexografi memiliki kemampuan yang lebih terbatas dibandingkan mesin Rotogravure.

Keunggulan cetak flexografi adalah aplikasinya pada desain kemasan yang lebih sederhana dan dominan text. Bila label kemasan lebih didominasi teks maka flexografi adalah pilihan terbaik.

Dalam artikel ini, kami tidak menjelaskan lebih detail untuk proses cetak flexografi.  

Sablon Kemasan

Apa itu sablon kemasan?

Sablon disebut juga dengan Cetak Surface (Cetak Luar). Sablon merupakan teknologi percetakan yang usianya sudah lama dan termasuk sederhana. Sablon merupakan teknologi murah dengan biaya rendah, bisa dikerjakan dengan jumlah sedikit sekalipun. Itulah kelebihan cetak sablon kemasan.

Tak jarang cetak sablon kemasan ini menjadi solusi bagi industri UMKM dalam rangka sarana Branding produk, cukup mencetak brand berupa Logo dan teks nama produk pada plastik kemasan. 

Contoh sablon kemasan

Contoh cetakan sablon kemasan yang paling sederhana adalah kemasan plastik belanja (shopping bag), kantong gula ukuran setengah atau 1 kg di pasar tradisional, kemasan kopi, kemasan keripik, dll.

Kekurangan sablon kemasan

Kemampuan sablon untuk diaplikasikan pada kemasan modern sungguh terbatas. Keterbatasan sablon meliputi alat, keahlian orang dan jenis kemasan yang dipakai. 

Meskipun terbatas, sablon dapat mencetak kemasan dengan berbagai warna sederhana. Maksudnya adalah desain kemasan sederhana dengan 1 warna saja yang bisa dicetak dengan sablon. Tidak bisa bertumpukan warna dan terlalu banyak warna. 

Sama seperti proses cetak kemasan lainnya, proses sablon juga dilakukan satu per satu tiap warna. Sehingga jika terdiri banyak warna maka prosesnya membutuhkan waktu lebih lama dan lebih sulit.

Saran kami untuk cetak sablon ini gunakan 1 warna saja tetapi desain yang menarik sehingga identitas Brand tercipta lebih menarik.

Selain memiliki keterbatasan pada warna dan desain, sablon juga memiliki keterbatasan bila diaplikasikan kemasan multilayer seperti kemasan alufoil. Hasil cetakan sablon sangat terbatas dalam hal tampilan karena keterbatasan warna dan teknik cetaknya. 

Kemasan Paper Foil dengan Teknologi Digital Printing

Apa itu kemasan paper foil?

Digital Printing dengan produknya kemasan Paper Foil sedang tren di kalangan UKM saat ini. Teknik pembuatanya adalah desain dicetak di atas paper/kertas yang selanjutnya ditempel dengan aluminium foil. 

Teknologi pembuatan kemasan paper foil sederhana ini muncul dari tangan kreatif pelaku percetakan buku. Berangkat dari sistem laminasi (plastik dan kertas) yang biasa diaplikasikan pada cover buku, perusahaan percetakan mengadopsinya dengan menempelkan kertas (berisi desain yang sudah dicetak) dengan alufoil.

Kelebihan kemasan paper foil

Keunggulan kemasan paper foil adalah kemasan bisa dicetak dengan beragam warna (multicolour) sehingga lebih menarik dibanding sablon yang terbatas. Selain itu, karena proses pembuatan kemasan bag/pouchnya dilakukan secara manual (dengan mesin sealer dan laminating buku) maka minimum order pembuatan kemasan paper oil juga relatif lebih rendah. Hal ini sangat cocok bagi industri kecil dan UMKM yang memiliki budget terbatas di kemasan.

Kekurangan kemasan paper foil

Kekurangan teknologi ini adalah fungsi utama kemasan untuk mempertahankan umur simpan (shelf life)  produk tidak terpenuhi. Proses pembuatan bag/pouch yang semi manual menjadikan kualitas bag atau pouch yang dihasilkan kurang sempurna. Hasil laminasi dan seal yang mudah terkelupas menjadikan produk jadi cepat rusak. 

Bila kemasan paper foil diisi kopi atau minuman yang  mengandung gula, maka diperkirakan dalam 1 bulan produk sudah menggumpal. Bila dijadikan kemasan snack atau makanan ringan, maka produk tersebut bisa lebih cepat melempem atau rusak cita rasanya. Selain itu, kemasan paper foil juga sangat rawan terhadap kerusakan pada saat proses handlingnya. 

Kemasan paper foil hanya cocok untuk diaplikasikan pada produk camilan (snack) yang beratnya kurang dari 200 gram. Pasalnya, bahan dasar yang berupa kertas dan kekuatan seal yang lemah menjadikan jenis kemasan ini tidak kuat untuk berat produk lebih dari 200 gram. 

Sebenarnya, harga kemasan paper foil terbilang lumayan mahal meskipun minimum order quantity-nya (MOQ) bisa lebih sedikit.

CV. Twinpack Indonesia melayani jasa cetak atau printing kemasan produk berbagai ukuran. Diantaranya adalah printing kemasan sachet kopi, printing kemasan sachet masker, printing kemasan pouch, printing kemasan gusset dan lain lain. 

Jasa cetak kemasan Twinpack memiliki beberapa kelebihan. Jumlah minimal pemesanan (MOQ) di kami terbilang rendah sehingga sangat terjangkau buat pelaku usaha UMKM. Desain kemasan printing full color bagian depan dan belakang. Ukuran kemasan menyesuaikan permintaan customer. 

Saat ini, CV Twinpack Indonesia melayani jasa printing kemasan sachet wilayah Tangerang, Bogor, Depok, Jakarta, Bekasi (jabodetabek) dan seluruh Indonesia.

Jangan sembarangan pilih bahan kemasan

Jasa Printing Kemasan Full Color Kualitas Terbaik cetak kemasan masker model standing pouch

Pertumbuhan UMKM di Indonesia semakin cepat. Banyak pengusaha baru bermunculan. Hal ini memaksa para pelaku usaha berinovasi, bukan hanya pada kualitas produknya saja namun juga pada kemasan (packaging). Tak terkecuali kemasan kopi.

Menurut kami, tampilan kemasan sangat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk. Berdasarkan pengalaman CV Twinpack Indonesia di bidang packaging lebih dari 10 tahun, kami menyadari bahwa pemilihan bahan kemasan yang terbaik dan tepat untuk produk itu sangat penting. Beda produk maka beda bahan kemasan yang digunakan.

Gunakan bahan kemasan yang cocok dengan produk anda!

Seperti halnya kualitas bahan baku kemasan, masalah kualitas percetakan atau printing kemasan harus lebih diperhatikan. Kualitas printing secara tidak langsung turut menunjukkan kualitas produk di dalamnya. Hal ini juga menunjukkan indikasi seberapa besar perhatian pelaku usaha kepada kepuasan konsumen atas pembelian suatu produk. Anda bisa konsultasi ke CV Twinpack Indonesia karena sangat ahli dalam hal printing kemasan.

Apakah anda mau kemasan printing dengan warna tajam?

cetak kemasan sachet untuk masker wajah

Saat ini, kemasan sachet printing full color lebih disukai calon pembeli. Terlebih lagi desain kemasan yang disertai dengan barcode atau QR code. 

Pencetakan kemasan full color memerlukan ketelitian dan ketajaman warna mesin printing. Oleh karena itu, CV Twinpack Indonesia sangat memperhatikan kualitas printing kemasan ini. 

Anda bingung karena tidak punya desain?

Tenang, Twinpack Indonesia menyediakan jasa desain kemasan dengan biaya sangat sangat terjangkau. Namun, jika anda sudah memiliki desain kemasan sendiri maka kami tinggal menyesuaikan dengan ukuran kemasan yang anda inginkan. Yuk, konsultasikan kebutuhan desain kemasan anda dengan kami sekarang.

Kunjungi laman instagram twinpack indonesia untuk melihat produk lainnya.

Berapa minimum order quantity untuk printing kemasan ?

CV Twinpack Indonesia menyediakan jasa cetak kemasan dengan ketentuan minimum pemesanan sebagai berikut:

  • Untuk Printing Kemasan sachet MOQ 5 roll ( @ 1000meter)
  • Untuk Printing kemasan Stand pouch MOQ 5000 pcs 5 desain. Jika anda punya 5 varian rasa anda bisa mencetak 1000 pcs per varian.
  • Untuk printing kemasan gusset MOQ 5 roll (@1000mtr)

Anda tertarik untuk cetak printing kemasan?

Sebelum menghubungi kami, silahkan persiapkan beberapa informasi awal seperti di bawah ini ya:

  1. Apa produk anda?
  2. Satu kemasan akan anda isi berapa gram?
  3. Berapa ribu pcs kemasan yang anda butuhkan?

Setelah anda menyiapkan info dasar tersebut silahkan menghubungi kami via telepon atau WA.

Kami akan dengan senang hati membantu anda perihal printing kemasan dan bahan bahan pembuat kemasan yang tepat untuk anda, produk anda dan konsumen anda.

Baca juga konten terkait cetak kemasan di tautan berikut:

5/5 - (8 votes)

CV. Twinpack Indonesia adalah supplier kemasan yg berlokasi di Tangerang dan Magelang. Kami jual kemasan aluminium foil roll, alufoil model standing pouch, flat bottom dan gusset. Tersedia berbagai warna dan ukuran.

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.