Kemasan Standing Pouch

Kemasan standing pouch merupakan jenis kemasan fleksibel yang populer untuk mengemas produk seperti kopi, kacang, biji-bijian, kue kering, teh, bubuk bumbu atau gula-gula (permen). Anda bisa menempelkan label cetak berisi merek atau logo perusahaan di bagian luar kemasan.

Apa itu Kemasan Standing Pouch?

pengertian kemasan paper foil

Kemasan standing pouch kraft paper adalah jenis kemasan fleksibel yang tersusun atas 2 bahan, kertas dan aluminium foil. Umumnya, kertas Kraft berada di bagian luar dan aluminium foil berada di bagian dalam.

Model desain paper foil packaging yang umum di pasaran adalah standing pouch dan flat bottom. Varian dari 2 model desain ini cukup beragam. Ada yang dipasang window dari plastik transparan. Ada pula yang full tertutup kertas Kraft di bagian luar. Sesuaikan jenis produk dan bentuk kemasan ya guys.

Standing Pouch Kraft Paper packaging lebih cocok untuk mengemas produk yang kering. Bagian luar rentan terkena basah sehingga bisa merusak penampilan, meskipun tidak merusak produk di dalamnya. Pasalnya, lapisan dalam kemasan berupa aluminium foil yang kedap cairan sehingga mampu mencegah kontaminasi mikroorganisme. Produk yang dikemas pun tidak mudah rusak oleh pengaruh udara luar. Material kertas di bagian luar mampu melindungi produk dari pengaruh cahaya dan bisa di customize. Kertas bagian luar dapat disablon atau dicetak dengan logo atau merek produk anda.

Spesifikasi Kemasan Standing Pouch Kraft Paper

Spesifikasi Kemasan Paper Foil Standing Pouch

Telah dijelaskan bahwa komponen penyusun kemasan standing pouch kraft paper adalah kertas dan aluminium foil. Berikut ini penjelasan dari bahan kertas.

Kertas (paper)

Bahan baku kertas (paper) cukup banyak digunakan sebagai kemasan fleksibel dan  merupakan salah satu material esensial. Diperkirakan di masa mendatang, kemasan fleksibel berbahan kertas akan meningkat karena meningkatnya kesadaran lingkungan.

Klasifikasi kertas

Ada berbagai macam jenis kertas di pasaran. Setiap jenis kertas memiliki sifat tertentu dan ditujukan untuk aplikasi tertentu. Ada 2 klasifikasi kertas yang umum dikenal, yakni:

  • cultural paper atau fine paper 
  • industrial paper atau coarse paper 

Cultural paper

Yang termasuk ke dalam cultural paper diantaranya adalah:

  • printing paper
  • litho paper
  • art paper

Industrial paper

kemasan paper foil packaging

Yang termasuk ke dalam Industrial paper adalah 

  • kraft paper. Sifatnya kuat dan banyak digunakan sebagai kemasan fleksibel, terutama sebagai shopping bag dan material pembuat multi wall shipping bag. Penampilan dan sifat yang khusus dari kertas ini bukan karena penambahan aditif, tetapi karena sifat dari pulp yang dipakai
  • manila paper
  • glassine paper
  • grease-proof paper

Aluminium foil

Dilansir dari laman aluminum.org, bahan kemasan alumunium foil memberikan perlindungan maksimal dari pengaruh cahaya, oksigen, kelembaban dan bakteri (mikroorganisme). Karena alasan inilah, alufoil banyak diaplikasikan di industri makanan dan farmasi. Aluminum foil jua digunakan sebagai kemasan aseptis (aseptic packaging). Jenis kemasan seperti ini memungkinkan penyimpanan makanan yang mudah rusak (perishable) tanpa pendinginan (refrigeration).

Jenis Produk yang Dikemas dengan Standing Pouch 

jenis produk yang dipackaging dengan kemasan paper foil teh

Setiap jenis kemasan memiliki kesesuaian khusus dengan produk yang dikemasnya, termasuk jenis kemasan paper foil. Kesesuaian tersebut dapat dilihat dari bahan kemas, harga, karakter produk, atau brand yang mau diusung. Berikut ini beberapa jenis produk yang biasanya dikemas dengan kemasan kertas foil:

Kopi 

Anda bisa menjadikan produk kopi yang anda jual terlihat lebih unik dan menarik dengan kemasan standing pouch Kraft paper, baik itu kopi bubuk, kopi hijau, maupun kopi roasted. Lapisan aluminium foil kemasan ini akan menjaga kualitas rasa dan aroma kopi.

Bila anda menjual kopi sangrai (roasted), maka kami sarankan untuk menggunakan fitur one way valve. Anda bisa pesan dibuatkan 1 lubang, 3 lubang atau 6 lubang. Katup satu arah atau one way valve ini akan mengeluarkan gas karbondioksida dan gas lain yang secara alami dihasilkan kopi sangrai.

Lapisan kertas kraft di bagian luar menjadikan penampilan kemasan lebih elegan, enak dipandang, dan ramah lingkungan. Kesan alami pun akan muncul bila konsumen melihat kemasan kertas di bagian luar.

Makanan ringan atau snack 

Makanan ringan atau snack merupakan produk makanan kering. Jenis produk ini sangat cocok dikemas dengan kemasan standing pouch Kraft paper.

Untuk membuat produk terlihat, anda bisa order jenis kemasan snack yang ada window plastik transparan. Konsumen bisa melihat kualitas produk tanpa khawatir menjadi rusak karena pengaruh lingkungan seperti,  suhu, udara atau kelembaban. Kerenyahan snack pun dapat terlindungi dengan kemasan.

Serealia (biji-bijian)

kemasan serealia (biji-bijian) dengan paper kraft window packaging

Beberapa penjual serealia (biji-bijian) menggunakan kemasan standing pouch kraft paper sebagai wadah produknya. Wadah dapat menjaga kualitas produk serealia sekaligus dari pengaruh kelembaban (air), cahaya, dan cuaca panas-dingin. Hal ini dapat dimengerti dari sifat aluminium foil kedap air (kelembaban).

Teh 

Kemasan yang terbuat dari kertas kraft dan aluminium foil dapat digunakan untuk mengemas produk teh, baik teh celup, daun teh, maupun pucuk teh kering. Kemasan ini efektif untuk menjaga kualitas rasa dan aroma teh dari pengaruh kelembaban udara.

Daun teh merupakan tanaman herbal yang mengandung antioksidan. Antioksidan dalam teh sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Antioksidan mampu menetralisir zat radikal bebas di dalam tubuh.

Salah satu karakter dari antioksidan adalah mudah teroksidasi. Kemasan standing pouch Kraft paper mampu melindungi senyawa antioksidan dari pengaruh cuaca, udara, suhu dan cahaya.

Permen (gula-gula)

Makanan manis berbahan gula ini mudah rusak bila kontak dengan udara dan panas. Untuk membuat permen tetap awet, maka kontak dari pengaruh lingkungan perlu dihalangi. Salah satunya adalah mengemasnya dengan kemasan standing pouch Kraft paper.

Ketika permen terlindungi maka tidak akan meleleh. Produk pun tetap dalam kondisi baik hingga sampai ke tangan konsumen.

Ukuran kemasan standing pouch

Jika tertarik menggunakan kemasan standing pouch dari bahan kertas kraft, anda bisa menghubungi kami. Tersedia ukuran mulai dari 50 gram sampai 1.000 gram. Semakin besar ukuran, maka semakin mahal harganya ya sob.

Harga Kemasan Standing Pouch

harga jual kemasan paper foil termurah berbagai ukuran
Jenis kemasan standing pouch
Ukuran
Harga
Kemasan standing pouch kertas Kraft
50 gram
Rp 700,-
Kemasan standing pouch kertas Kraft
100 gram
Rp 1.500,-
Kemasan standing pouch kertas Kraft
200 gram
Kontak
Kemasan standing pouch kertas Kraft
1000 gram (1kg)
Kontak

Catatan: Minimal order quantity: 100 pcs

Anda bisa membeli kemasan standing pouch di toko atau perusahaan digital printing. Rekomendasi terbaik kami adalah Twinpack Indonesia.

Follow Instagram Kami

5/5 - (17 votes)
Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.