Plastik Kemasan Produk: Manfaat, Kelebihan & Kekurangan

Plastik kemasan produk harga murah bisa kamu beli di vendor packaging twinpackindonesia.com. Untuk kemasan sachet, tersedia kemasan aluminium foil roll yang penggunaannya menggunakan mesin.

Yuk simak ulasan Twinpack Indonesia berikut ini.

Apa itu Plastik Kemasan?

Plastik kemasan adalah jenis kemasan produk terbuat dari bahan plasti yang banyak digunakan penjual/pengusaha untuk mengemas produknya. Spesifikasi kemasan plastik pun beragam jenisnya.

Kalau anda menjual produk tertentu, maka anda perlu mengenali kelebihan dan kekurangan material kemasan plastik sehingga dapat menentukan jenis kemasan plastik yang paling tepat.

Kemasan Plastik dalam Rantai Distribusi

Plastik Kemasan Kopi: Manfaat, Kelebihan & Kekurangan Terbaru

Setiap penjual produk yang baik pasti akan memikirkan jenis kemasan apa yang akan digunakan untuk mengemas produk hasil produksi mereka. Beberapa jenis bahan kemasan harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Apakah harus memakai plastik atau aluminium foil roll.

Salah satu bahan kemasan yang sering digunakan yaitu kemasan plastik. Plastik biasa dipilih karena memiliki beberapa kelebihan terutama dalam menjaga kualitas produk itu sendiri.

Kopi adalah satu produk memang sangat diminati oleh masyarakat. Bahkan, bisa menjadi minuman yang wajib ada di rumah setiap harinya.

Cara menikmati kopi pun semakin berkembang di masyarakat. Dampaknya, permintaan kopi terus meningkat setiap tahunnya. Walaupun banyak persaingan dalam bisnis kopi, tetapi peluang masih ada dan bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Supaya sebuah produk bisa sampai ke tangan konsumen, maka harus melalui rantai distribusi yang panjang. Pengiriman produk ke konsumen akan aman jika produk dikemas dengan baik.

Salah satu kemasan terbaik untuk mengemas produk adalah menggunakan bahan plastik. Selain itu, harga plastik kemasan cukup terjangkau dan bisa digunakan mengemas produk dengan baik.

Sejarah Singkat dan Perkembangan Plastik Kemasan  

Bahan plastik sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu oleh masyarakat dunia. Penggunaan plastik sebagai bahan kemasan memang sangat memudahkan dalam mengemas dan mengirimkan produk. Hingga saat ini, plastik telah digunakan untuk mengemas berbagai produk, tak terkecuali kopi.

Sejarah singkat plastik bermula pada tahun 1920. Pada saat itu, ada seorang ilmuwan ahli kimia lulusan Universitas Harvard bernama Wallace Hume melakukan penelitian. Dia bermaksud mengembangkan nilon atau fiber 66. Selanjutnya ada tahun 1940, Waldo Semon menemukan plastik jenis polyvinyl chloride (PVC) ketika mencoba merekatkan karet pada metal.

Seiring dengan perkembangan sains, teknologi pembuatan plastik terus berkembang. Kini, anda bisa temukan beragam jenis plastik dijual di pasaran. Anda bisa dengan mudah membeli plastik jika membutuhkannya.

Kemasan produk pun terus mengalami perkembangan setiap tahunnya seperti halnya plastik. Penampilan produk dalam kemasan pun menjadi lebih unik, menarik dan modern. Harga plastik kemasan yang terjangkau menjadikan jenis kemasan ini primadona di kalangan pengusaha.

Kelebihan Plastik Kemasan

kemasan plastik untuk biji kopi dilengkapi zipper
Contoh kemasan plastik untuk biji kopi dilengkapi zipper

Mampu menjaga kualitas produk

Memakai plastik untuk mengemas produk ternyata memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan kemasan lain. Salah satunya adalah untuk  menjaga kualitas produk itu sendiri.

Memang hal utama yang harus diperhatikan penjual produk adalah kualitasnya. Kamu bisa menjaga kualitas dengan menggunakan kemasan plastik.

Membuat produk lebih menarik

Kemasan plastik ternyata lebih menarik karena bisa didesain sesuai dengan keinginan pembeli. Terlebih lagi, plastik kemasan produk bisa dibuat full color sehingga terlihat lebih berwarna-warni. Oleh karena itu, tidak heran jika kemasan plastik membuat produk jadi lebih menarik.

Produk terlindungi

Kemasan plastik mampu menahan air, udara, dan debu halus yang bisa mengkontaminasi produk. Jika memakai kemasan plastik maka produk di dalam kemasan akan lebih aman dan terlindungi. Bahkan produk dengan merk ternama juga memakai kemasan plastik untuk melindungi produknya.

Produk yang dikemas dengan plastik terbukti lebih tahan lama. Kualitasnya pun tidak rusak. Plastik yang baik bersifat inert sehingga tidak menyebabkan bau, rasa maupun warna produk berubah.

Harga kemasan plastik murah

Kelebihan plastik terpenting sebagai kemasan adalah harga jualnya yang murah. Jika kemasan produknya murah, maka penjual bisa mengambil profit margin yang lebih besar. Bahkan jika harus bersaing dengan competitor sekalipun, mereka tidak takut banting harga karena kemasan tidak membebani biaya produksi.

Kekurangan Kemasan Plastik

kemasan kopi berbahan plastik zipper

Bahan plastik sulit diuraikan

Bahan plastik termasuk material yang sulit diuraikan (non biodegradable). Butuh waktu hingga ratusan tahun bagi plastik bisa terurai sempurna. Hal inilah yang menjadi pertimbangan pemerintah mengeluarkan regulasi dan pembatasan penggunaan kemasan dari bahan plastik.

Penggunaan plastik sudah dibatasi

Dengan mempertimbangkan efek jangka panjang yang muncul dari penggunaan plastik, maka pemerintah membuat peraturan. Salah satu di antaranya adalah pembatasan penggunaannya.

Jika anda belanja ke supermarket atau minimarket, maka mungkin anda terganggu karena pihak penjual kadang tidak menyediakan kantong belanja. Anda harus membawa kantong belanja dari rumah.

Bisa menyebabkan pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan karena plastik akan terjadi jika tidak dikelola dengan baik. Daur ulang plastik menjadi produk seperti tempat sampah pun dilakukan sehingga plastik tidak menumpuk.

Beberapa ilmuwan pun mencoba mengubah plastik menjadi energi. Dengan tekanan dan suhu tinggi, plastik dapat diubah menjadi bensin (premium). Namun, teknologinya masih dalam skala laboratorium.

Manfaat Kemasan Plastik

manfaat kemasan plastik untuk perlindungan produk

Meningkatkan nilai jual produk

Menggunakan plastik kemasan mempunyai manfaat tersendiri bagi para penjual produk. Salah satunya adalah meningkatkan nilai jual produk itu sendiri. Ketika produk dikemas plastik dengan desain yang menarik maka bisa membuat produk terlihat lebih mahal.

Meningkatkan citra perusahaan

Kemasan plastik dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan. Salah satu caranya adalah membuat kemasan unik dan menempelkan logo perusahaan. Kemasan yang unik misalnya menempelkan kata mutiara dari orang terkenal di label kemasan. Jika desain kemasannya baik, maka kesan yang berbeda terhadap perusahaan akan muncul di benak konsumen.

Melindungi produk di dalamnya

Dengan dikemas plastik maka produk lebih terlindungi dari pengaruh cuaca panas dan hujan.  Proses distribusi pun menjadi lebih lancar karena produk tidak rusak. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan penggunaan kemasan kertas yang rentan rusak karena air.

Memilih kemasan plastik untuk mengemas produk memang harus dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya, setiap jenis bahan kemasan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

4 Model Plastik Kemasan

Perlu Anda pahami bahwa trend penggunaan kemasan selalu berubah seiring perubahan zaman. Penggunaan kaca atau toples tidak lagi diminati karena tidak ekonomis. Masyarakat lebih memilih menggunakan kemasan berbahan lentur dan ringan. Berikut ini beberapa macam model kemasan yang bisa jadi pilihan anda.

Plastik Kemasan HDPE (High Density Polyethylene)

Meski jenis plastik kemasan yang satu ini masih jarang terdengar di pasaran, namun ternyata bahan yang digunakan itu cukup aman untuk digunakan. Jenis plastik kemasan HDPE ini memiliki ciri-ciri:

  • Bahan lebih kuat
  • Warna buram
  • tahan lama 
  • cukup tahan dengan suhu tinggi

Plastik HDPE biasanya digunakan untuk sebagai bahan baku pembuatan toples plastik dan tupperware. Tidak perlu khawatir dengan kualitas plastik kemasan ini karena sudah terbukti tahan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik bahan HDPE dengan produk makanan yang di dalamnya. 

Sayangnya jenis kemasan ini tidak efektif dengan trend jual beli saat ini yang lebih cenderung penjualan online. Pasalnya, kemasan plastik ini akan menambah biaya ongkir karena lebih tebal dan berat.

Plastik Kemasan Standing pouch

Salah satu kemasan produk yang paling banyak dibeli ialah plastik kemasan model standing pouch. Plastik kemasan yang bisa berdiri ini lebih efektif dan lebih terlihat dibanding plastik biasa yang diletakkan mendatar.

Dengan penampang yang lebih lebar model stand pouch ini lebih mudah ditempel stiker atau logo bisnis anda. Selain itu, stand pouch ini biasanya dilengkapi dengan ziplock sehingga kemasan camilan dapat dibuka dan ditutup kembali dengan rapat. 

Kemasan Standing pouch juga tersedia berbagai macam model dan warna. Beberapa jenis diantaranya adalah:

  • stand pouch padat sisi depan belakang
  • stand pouch transparan
  • stand pouch transmet (transparent satu sisi)
  • stand pouch window ( berjendela) dengan bentuk window yang bermacam macam. 

Anda dapat menjadikan kemasan model standing pouch salah satu pilihan untuk mengemas produk cemilan anda.

Plastik Kemasan Side Gusset Pouch

Jika Anda pernah mendengar kemasan bantal, maka nama lain dari kemasan ini adalah kemasan gusset. Kebanyakan para pelaku usaha kopi yang menggunakan kemasan jenis ini. Hal ini dikarenakan bentuk dari kemasan unik ini membuat produk kopi yang dijual jauh lebih menarik daripada dibungkus dengan bahan kemasan lainnya.

Model kemasan gusset tidak menggunakan zipper sehingga lebih mudah bisa terbuka. Namun, kemasan ini akan menutup produk dengan penjepit yang biasanya disebut dengan tin tie.

Kemasan gusset memang sering digunakan untuk membungkus produk bubuk dan biji bijian seperti kopi dan susu bubuk. Jenis produk yang memerlukan kemasan yang tertutup dan terlindung dari cahaya, sebaiknya menggunakan kemasan gusset. 

Namun, tidak sedikit pula pelaku usaha camilan menggunakan kemasan model gusset ini. Kemasan model gusset ini memang tidak transparan sehingga produk dalam kemasan tidak terlihat dari luar. Mereka pun menyiasatinya dengan menempel stiker atau cetak kemasan dengan desain yang menarik calon pembeli. 

Plastik Kemasan Flat Bottom Pouch

Jenis kemasan produk yang terakhir adalah kemasan Flat Bottom Pouch yang merupakan inovasi baru dari packaging. Ciri kemasan ini adalah datar pada bagian alas dan dapat berdiri seperti standing pouch. 

Awalnya produk model flat bottom ini hanya digunakan di India dan Taiwan saja. Namun karena berkembangnya informasi, banyak produsen Indonesia mulai membuat sendiri kemasan model flat bottom ini. 

Selain umum digunakan untuk mengemas kopi, produsen kemasan model flat bottom ini pun berinovasi dan merambah produk cemilan. Pabrik pun menyediakan model kemasan flat bottom window (berjendela). Dengan adanya window pada kemasan makan produk cemilan dalam kemasan dapat terlihat oleh calon pembeli. Anda dapat memilih kemasan model flat bottom window ini untuk mengemas camilan anda.

Untuk Anda yang sedang mencari supplier kemasan plastik atau aluminium foil terpercaya untuk usaha Anda, Twinpack Indonesia adalah pilihan tepat. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam kemasan berkualitas dengan harga miring yang bisa memenuhi kebutuhan kemasan produk anda.

Untuk pemesanan kemasan produk terbaik, Anda bisa menghubungi kami di nomor 082298916505 atau follow instagram kami.


5/5 - (7 votes)

Tinggalkan komentar

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.