Jenis Bahan & Desain Kemasan Sambal untuk Jualan

Ada 4 jenis bentuk kemasan sambal yang bisa dipilih saat akan berbisnis produk tersebut. Keempat kemasan produk sambal itu memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan yang berbeda sehingga perlu pemahaman lebih.

Faktanya, banyak orang menggunakan plastik untuk mengemas sambal. Padahal, ada jenis kemasan lain yang dapat membuat harga sambal lebih tinggi karena terlihat lebih elegan.

Setiap sambal itu unik, maka memerlukan kemasan yang tepat. Untuk itu perlu memahami kemasan yang cocok, baik itu sambal botol, sachet, cup maupun plastik.

Lantas bagaimana cara mengetahui jenis kemasan terbaik untuk sambal yang saya jual? Adakah tips untuk memilih kemasan untuk sambal?

Yuk simak ulasan Twinpack Indonesia berikut

Apa itu kemasan sambal?

kemasan sambal terbaik

Kemasan sambal adalah wadah yang fungsinya untuk membuat sambal, sehingga lebih awet dan tahan lama ketika disimpan atau dikirimkan. Dengan demikian, sambal dapat dijual ke daerah lain yang jauh dari lokasi produksinya.

Sambal dalam kemasan botol biasanya mampu bertahan hingga 1 bulan semenjak kemasan dibuka hingga 14 hari setelahnya. Sedangkan, sambal dalam kemasan plastik, sachet, cup memiliki umur simpan yang pendek, yakni kurang dari 1 bulan.

Kemasan yang cocok untuk membungkus sambal seperti gambar di atas adalah kemasan sachet. Bila skala usaha kamu sudah termasuk besar dengan order di atas 5000 pcs per bulan maka kamu bisa menggunakan kemasan roll aluminium foil polos. Kamu bisa membelinya di sini.

Kaitannya dengan kemasan, kini juga muncul loh sambal kemasan. Seperti apa bentuknya?

Kemasan sambal dan sambal kemasan itu berbeda

Sambal kemasan adalah sambal yang dikemas secara rapi menggunakan botol, sachet, plastik dan cup. Jadi fokus utama sambal kemasan adalah isinya baik itu sambal terasi kacang, pecel, dan cumi.

Sedangkan kemasan sambal fokus utamanya pada wadah yang digunakan. Umumnya bahan kemasan yang digunakan seperti plastik polypropylene, PVC dan aluminium foil.

Untuk Apa Sih Sambal Perlu Dikemas?

Sambal merupakan olahan pangan yang mudah basi. Sambal dibuat dari campuran cabai, garam, gula, bawang merah, bawang putih, terasi, dan bahan rahasia. Untuk membuat lebih awet, bahan sambal dikukus atau digoreng. Setelah diulek, sambal akan bertekstur berbentuk pasta, relatif encer dan rasanya pedas.

Saat terkena air, sinar matahari, dan udara maka sambal akan cepat rusak. Rusaknya sambal tersebut disebabkan adanya minyak dan bahan sambal yang teroksidasi. Akibatnya, sambal jadi tengik atau basi.

Karena alasan itulah maka sambal perlu dikemas.

Untuk membeli kemasan, kamu bisa kepoin Instagram Twinpack Indonesia.

Kemasan sambal yang baik itu seperti apa?

Sambal adalah produk yang memiliki citarasa pedas, asam, manis, kadang berminyak. Proteksi bahan sambal dari kerusakan perlu dilakukan agar rasa dan tekstur sambal tidak hilang.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap sambal itu unik. Keunikan sambal dapat dilihat dari resep dan cara pembuatannya. Oleh karena itu, sambal memerlukan kemasan yang tepat.

Selain itu, kemasan sambal unik dapat menarik calon pelanggan untuk membelinya. Jika puas, maka mereka akan repeat order.

Tahukah kamu jika sambal tidak hanya satu jenis melainkan ada beragam jenis. Setiap sambal terbuat dari campuran beberapa bahan yang berbeda. Mungkin kamu mengenal sambal berikut ini:

Kemasan terbaik untuk sambal pecel

kemasan sambal pecel

Sambal pecel merupakan sambal dibuat dari kacang tanah, gula tanah, dan cabai. Khusus untuk kacangnya bisa digoreng terlebih dahulu. Semua bahannya ditumbuk hingga halus lalu dicampur dengan sayuran. Jika kurang suka pedas, maka cabai bisa dikukus terlebih dahulu.

Untuk rasa sambalnya sedikit pedas, gurih, manis, asam dan memiliki sensasi yang menyegarkan. Rasa ini didapatkan dari berbagai sayuran yang ada pada sambal tersebut.

Sambal pecel ini disarankan untuk tidak dikonsumsi setiap hari. Sebab, ada kacang yang didalamnya mengandung aflatoxin. Zat ini mengandung racun dari bakteri Aspergillus sp yang membahayakan tubuh. Karena kandungan zat tersebut maka kamu bisa mengemas sambal dengan plastik atau botol.

Pecel juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang kaya serat, vitamin dan antioksidan. Kandungan ini baik untuk kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pencernaan.

kemasan sambel pecel

Untuk membuat kemasan sambal pecel menarik, maka kamu bisa memunculkan informasi gizi seperti serat dan vitamin di label kemasan kamu. Buat kamu yang memerlukan kemasan sambal plastik yang kedap udara (vakum), maka silahkan hubungi kami.

Dari karakteristik yang ada pada sambal pecel, kamu bisa menggunakan plastik atau botol. Untuk botol sebaiknya menggunakan kaca karena bisa dipakai hingga berulang kali dan dapat di daur ulang.

Kemasan yang tepat untuk sambal cumi

kemasan sambal baby cumi

Sambal cumi adalah sambal yang dibuat dari rempah-rempah, cabai dan baby cumi. Semua bahannya direbus antara 20-30 menit agar rasanya empuk dan tidak alot saat dimakan.

Sambal ini dimasuk kurang dari 3 menit agar cuminya juga empuk. Namun jika melebihi 3 menit maka proses pemasakan bisa dilanjut hingga 20 menit. Tujuannya agar cumi benar-benar masak secara sempurna.

Jenis sambal ini disajikan untuk pendamping makanan sehari-hari. Rasa pedasnya akan membuat nafsu makan kamu semakin meningkat sehingga akan semakin lahap.

Sesuai teksturnya, sambal cumi cocok dikemas dengan menggunakan botol kaca. Kemasan ini tergolong kuat, tahan lama dan mampu melindungi kualitas sambal yang ada di dalamnya.

Kemasan yang cocok untuk sambal terasi

kemasan sambal terasi

Sambal terasi adalah sambal dengan bahan utama udang atau ikan yang difermentasi. Lalu, kamu bisa menambahkan cabai rawit, bawang merah, cabai merah dan garam

Proses pembuatan sambal juga mudah dan bisa disantap dengan lauk. Kamu tinggal menggoreng cabai dan bawang. Lalu tiriskan dan masukkan terasi serta garam agar rasanya semakin nikmat.

Jika kamu suka pedas maka cabai dan bawang tidak perlu digoreng melainkan di ulek saja. Lalu terasi bisa dibakar tanpa menggunakan minyak kemudian campurkan kedua bahan tersebut.

Kemasan yang cocok untuk membungkus sambal terasi adalah kemasan sachet. Bila skala usaha kamu sudah termasuk besar dengan order di atas 5000 pcs per bulan maka kamu bisa menggunakan kemasan roll aluminium foil. Kamu bisa membelinya di sini.

Kemasan yang bagus untuk sambal teri kacang

kemasan sambal teri kacang

Sambal teri kacang adalah sambal yang dibuat dari kacang tanah, gula, cabai rawit, cabai merah, garam, ikan teri. Proses pembuatannya bisa menggoreng kacang terlebih dahulu. Lalu kamu bisa mencampurkan kacang dan bahan lainnya untuk ditumbuk. Jika perlu tambahkan air panas jika bahannya terlalu kental.

Karena kacangnya digoreng maka sambal kacang kadar kalorinya tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit obesitas.

Untuk proses mengawetkan sambal bisa dimasukkan ke dalam plastik atau botol yang tertutup rapat. Sambal rumahan ini akan lebih awet jika dimasukkan di kulkas dan bisa tahan hingga 1 bulan.

Untuk mengemas sambal kacang, kamu bisa menggunakan botol kaca/ plastik dan cup. Jika ingin citarasanya tetap terjaga untuk jangka lama, kamu bisa menggunakan botol kaca.

Bila kamu bingung menentukan jenis kemasan yang cocok untuk jenis sambal tertentu, maka silahkan lihat tabel berikut.

Jenis sambal
Karakteristik sambal
Jenis kemasan yang cocok
Sambal pecel
Ditumbuk halus
Botol, plastik kiloan
Sambal cumi
Bahan ditumis/goreng, tekstur kasar, ada citarasa cumi
Botol kaca
Sambal terasi
Bahan ditumis/goreng, uleg kasar, ada citarasa terasi
Botol kaca/plastik, sachet
Saus Sambal
Berbentuk pasta
Botol, plastik kiloan

Dari penjelasan di atas, maka kamu jadi tahu bahwa setiap sambal itu unik dan memerlukan kemasan yang tepat. Selain untuk proteksi citarasa, kemasan yang tepat akan melindungi produk dari kerusakan (tengik) dan basi.

Beberapa Jenis Bentuk Desain Kemasan Sambal

Kamu bisa memilih aneka kemasan sambal yang unik dan menarik perhatian konsumen. Apa saja jenisnya? Yuk kita simak bersama-sama

Kemasan Sambal Berbentuk Botol

kemasan botol sambal

Industri rumahan menggunakan botol sebagai kemasan sambal. Buat kamu, pelaku bisnis sambal botol homemade, kini banyak pilihan kemasan di pasaran. Berikut ulasannya.

Kemasan toples plastik bening

kemasan botol sambal mertua

Kemasan toples plastik umumnya transparan atau bening. Kamu bisa membuat label berwarna sesuai dengan varian sambal. Sebagai contoh Sambel Mertua yang memiliki beberapa warna yaitu hitam, putih, merah, kuning hijau dan gold.

Variasi warna ini akan memudahkan kamu saat mengemas berbagai jenis sambal seperti sambal terasi, cumi, kacang, sambal ebi, sambal bawang goreng dan saus cabe.

Dimensinya besar dengan ukuran 5,5 cm dan 9,5 cm. Ukuran ini mampu menampung sambal jenis apapun yang beratnya 150 ml.

Menariknya lagi kualitas dari kemasan toples ini juga high grade loh. Sehingga sambal yang ada di dalamnya tidak mudah rusak dan bocor ke luar kemasan.

Dengan desainnya yang slim dan bening (transparan) akan memudahkan orang melihat langsung jenis sambalnya. Sehingga mereka tidak akan ragu lagi saat akan membeli sambalnya.

Kemasan Plastik full Colour

Inspirasi lain untuk mengemas sambal bisa menggunakan kemasan plastik full colour. Bahan plastik yang digunakan adalah PET. Bahan ini tergolong aman bagi kesehatan dengan syarat digunakan hanya sekali saja. Kamu juga perlu membuat desain sambal kemasan plastik yang menarik sehingga pembeli berminat membelinya.

Dengan beragam tutup botol bisa juga loh membungkus beragam sambal ulek buatan sendiri. Misalnya tutup kuning untuk sambal pecel, tutup merah untuk sambal cumi dan tutup hijau untuk sambal kacang.

Untuk branding, kamu bisa loh membuat desain kemasan secara menarik. Misalnya diberi gambar lagi ngulek sambal dan diberi nama sambal bu Joko.

Kemasan Sambal Botol Kaca Lonjong

Jenis botol lain bisa loh menggunakan yang bahan dasarnya kaca. Kemasan sambal seperti ini lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia apapun. Selain itu, kemasan ini terlihat lebih elegan, bening dan lebih artistik.

Dengan botol seperti di atas, cocok untuk sambal saus dengan bobot hingga 350 ml. Sebenarnya tidak hanya saus tetapi bisa juga sambal yang karakteristiknya cair dan pasta.

Kemasan yang dibuat kecil di atas menjadi keuntungan tersendiri. Konsumen akan lebih mudah membawanya kemana-kemana dan sesuai dengan ukuran tangan.

Video cara mengemas sambal dalam botol plastik

Kemasan sambal berbentuk sachet

Ada beberapa pilihan untuk kemasan sachet sambal yang bisa kamu pilih. Yuk bersama-sama disimak jenis kemasan sachet ini.

Kemasan Sachet three side seal

Untuk kemasan sachet juga ada pilihan three side seal. Jadi kemasan ini dibuat dalam bentuk persegi panjang dan terdiri dari tiga slide ke samping.

Kemasan seperti ini cocok untuk sambal kacang, saos dan pecel. Di bagian atas kemasan bisa juga divariasi dengan rasa pedas mulai level 1, level 2 hingga level 20.

Umumnya sachet seperti ini berat sambalnya sekitar 9 gram. Karena ada 3 sachet dalam setiap baris maka total beratnya 27 gram. Dengan ukuran seperti maka harganya lebih murah dan mudah dijangkau oleh setiap konsumen.

Kemasan Sachet Persegi

Bentuk lain yang bisa kamu coba untuk mengemas sambal adalah dengan sachet persegi. Dengan bentuk seperti ini terlihat lebih elegan dan berat sambal bisa disesuaikan.

Jika kamu memilih kemasan seperti maka perlu menggunakan full colour di kemasannya. Jadi antara warna, gambar, font perlu disesuaikan agar kemasan terlihat menarik.

Dengan bentuk seperti ini, ukuran setiap sachetnya memiliki berat 20 gram. Sehingga jika kamu dalam satu bungkus ada 10 sachet maka total beratnya 200 gram.

Kemasan ini juga cocok untuk semua jenis sambal khususnya sambal terasi dan harganya lebih terjangkau. Kemasan semacam justru lebih banyak dipilih khususnya masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Kemasan sachet persegi panjang

Jenis kemasan sachet persegi panjang ini memiliki lebar dan panjang yang berbeda. Kemasan ini lebih praktis karena mudah dipegang dan diletakkan di berbagai tempat.

Jenis kemasan ini sebenarnya sama dengan sachet side three seal. Hanya saja bentuknya lebih besar dan beratnya juga lebih. Dengan ukuran seperti ini berat bersih sambal bisa mencapai 10 hingga 15 gram.

Untuk ukurannya tidak harus sama persis tetapi bisa dibuat lebih besar. Hal ini bisa dilihat pada kemasan Bon Cabe, Sambal Ijo yang bentuknya sama-sama persegi panjang.

Dari sisi desainnya, kamu bisa membuatnya full colour dengan gambar dan font yang menarik. Untuk peletakan gambar dan tulisan juga bisa disesuaikan sesuai keinginan.

Kemasan Sachet custom

Kemasan sachet costum pada gambar di atas bisa dilihat pada gambar sebelah kiri. Jadi dari sisi bentuknya bukan persegi atau persegi panjang. Sehingga kamu bisa membuat dalam bentuk lingkarang atau seperti dedaunan.

Kemasan semacam ini tergolong unik dan tidak biasa. Sehingga untuk branding jelas lebih unggul karena mudah dikenali oleh konsumen.

Dari sisi berat sambal juga bisa disesuaikan baik yang kecil atau besar. Selain itu tampilannya perlu menggunakan full colour agar lebih menarik.

Kemasan sambal berupa Cup

Untuk mengemas sambal, kamu juga bisa menggunakan cup sebagai kemasan. Jenis kemasan seperti ini terlihat elegan dan menggunakan tutup untuk menjaga kualitas sambal.

Kemasan ini bisa juga dibuat full colour dan transparan. Keduanya sama-sama bagus dan memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Kemasan cup ini terbuat dari bahan plastik PET dengan kualitas food grade. Dengan bahan tersebut maka harga kemasan ini lebih terjangkau. Selain itu, sambal yang dikemas akan aman dan kualitas sambal terjaga dengan baik.

Untuk berat bersih kemasan cup ini sekitar 35 ml. Jika ingin lebih bisa juga meng custom kemasan ini dengan berat lebih 35 ml. Dengan ukuran sambal seperti harga jual sambal terbilang murah dan mudah dijangkau.

Kemasan plastik dalam membungkus sambal juga ada beberapa varian loh. Yuk kita simak bersama-sama bentuknya.

Kemasan sambal dari bahan aluminium foil

kemasan sambal adalah

Bagi yang punya sambal high quality bisa menggunakan kemasan sambal model standing pouch full colour. Dengan desainnya yang full colour dan font yang menarik menjadi ciri khas tersendiri pada kemasan tersebut.

Kamu membuat desain yang berbeda untuk setiap sambal yang akan dijual. Misalnya sambal pecel diberi gambar di bagian bawah lalu di atasnya diberi tulisan sambal pecel Bu Maya.

Kemasan standing pouch ini cocok untuk semua jenis sambal yang beratnya 70 gram. Jika ingin lebih bisa juga dan tidak memesan pada produsen agar dibuat yang lebih besar.

Kemasan ini bahan menggunakan kombinasi plastik dan aluminium foil. Bahan ini tergolong aman bagi kesehatan dan bisa menjadi kualitas sambal di dalam kemasan.

Kemasan sambal dari bahan Plastik

Kemasan Plastik Transparan

Kemasan sambal juga bisa menggunakan plastik transparan dengan bahan PE. jenis plastiknya lebih tebal dari plastik seribuan sehingga lebih kokoh dan tidak mudah robek.

Kemasan ini layak dipilih karena sambal yang kamu jual bisa dilihat langsung oleh pembeli. Otomatis pembeli akan mengetahui sambal apa yang dijualnya.

Kamu juga bisa meng-custom kemasan dengan memberi label nama produk, berat bersih, tanggal kadaluarsa. Informasi seperti ini sangat dibutuhkan sehingga perlu kamu tuliskan pada kemasan.

Agar kemasan tidak mudah terkena udara maka bisa juga menggunakan klip. Sehingga pembeli dengan mudah bisa membuka dan menutup kemasan. Selain itu, kualitas sambal di dalam kemasan akan terjaga dengan baik.

Kemasan Standing pouch transparan

Buat kamu yang punya banyak sambal yang ingin dibungkus maka bisa menggunakan standing pouch transparan. Warna bening pada kemasan akan memudahkan pembeli jenis sambal yang dijual.

Untuk bahan kemasan yang digunakan adalah plastik dan aluminium foil. Sambal akan lebih terjaga kualitasnya karena dilapisi aluminium foil sehingga tidak mudah basi.

Ukuran kemasan bisa dipilih mulai yang 100 gram hingga 1000 gram. Kamu bisa custom ke produsen saat akan membungkus sambal.

Kemasan standing pouch cocok digunakan untuk semua jenis sambal. Sambal tidak mudah rusak karena ada klip di atas kemasan dimana bisa dibuka dan ditutup saat sambel akan dikonsumsi.

Kemasan Plastik seribuan

Dari sekian jenis kemasan, plastik seribuan yang populer dan sering digunakan. Kemasan ini mudah didapatkan dan harganya cukup murah mulai dari yang ukuran seperempat hingga setengah kilo.

Bahan kemasan yang digunakan plastik dan tidak ada campuran aluminium foil di dalamnya. Sehingga kemasan ini kurang cocok untuk sambal yang akan diawetkan karena akan mudah basi.

Jika hanya ingin dikonsumsi pribadi, kemasan ini bisa digunakan untuk kemasan. Namun saat akan dibuat bisnis sebaiknya dihindari karena harga jual sambalnya juga murah.

Semua jenis sambal bisa menggunakan kemasan plastik seribuan. Kamu tinggal menyesuaikan saja terkait berapa berat bersih dari sambal yang akan dibungkus.

Tips Memilih kemasan sambal

Untuk mengemas sambal, diperlukan kemasan yang memiliki karakteristik:

Memilih bahan kemas yang tahan lama

Dalam membuat kemasan lebih tahan lama maka perlu menggunakan aluminium foil. Sebab, bahan ini tahan terhadap sinar matahari, daya simpan tinggi dan tidak mudah sobek.

Cara lain agar kemasan lebih tahan lama bisa juga menggunakan plastik vacuum. Jenis kemasan ini menggunakan 3 kombinasi plastik (PET, LDPE, Nylon). Ketiga plastik ini akan membuat kemasan kedap udara sehingga aman dari berbagai bakteri.

Daya tahan kemasan akan semakin kuat jika kamu melapisi kemasan utama. Untuk lebih aman kamu bisa menggunakan plastik sebagai pelapisan tambahan baik yang PE,.PET, atau Nylon.

Jika sambal yang dibuat sedikit cair perlu ditutup secara rapat baik dengan aluminium foil, plastik dan tidak mengandung zat kimia. Proses seperti ini akan membuat kemasan tahan lama dan sambal tetap terjaga.

Menggunakan desain yang unik dan menarik

Supaya desain kemasan sambal menarik, maka kamu perlu memahami target market terlebih dahulu. Dari modal ini, kamu bisa membuat gambar, font, warna, sehingga kemasan akan terlihat menarik.

Font pada tulisan juga harus dibedakan antara nama produk, komposisi dan legalitas. Besar kecilnya font sangat berpengaruh dan umumnya font untuk komposisi dan legalitas dibuat dengan ukuran kecil.

Dari sisi gambar harus mewakili produk menggunakan desain yang sederhana. Tujuannya agar pesan dari gambar ini bisa diterima dengan baik oleh pembeli sebelum membeli produk.

Pada desain juga perlu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan menggugah hati pembeli. Untuk itu, susunlah kata-kata sebaik mungkin agar saat konsumen membaca kemasan langsung ada niat untuk membeli.

Membeli kemasan yang harganya murah

Pastikan kemasan yang dipilih harganya terjangkau baik pembelian satuan atau grosir. Dengan demikian ketika produksi sambal tidak banyak harga kemasan ini juga terbilang standard.

Kata murah untuk harga sangat relatif karena perlu memperhatikan bahan dasarnya juga. Sebisa mungkin carilah bahan kombinasi plastik dan aluminium foil yang harganya terjangkau.

Banyak tempat untuk mencari kemasan harga murah khususnya via online. Kamu bisa mencari di Tokopedia, Shopee dan di tempat itu rata-rata harga kemasannya sangat terjangkau.

Murah tidaknya kemasan tergantung pada ukuran kemasan. Misalnya plastik standing pouch ukuran 12 x 20 cm dijual dengan harga 17 ribu di Blibli ( berlaku hingga artikel ditulis 26 Juni 2022).

Penutup

Kemasan sambal terdiri dari botol, sachet, cup dan plastik. Semua jenis kemasan ini memiliki berbagai pilihan yang bisa menjadi opsi untuk mengemas sambal. Misalnya kemasan sachet, ada yang bentuknya side three seal, persegi, persegi panjang dan custom.

Setiap jenis kemasan memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Sehingga perlu analisis yang mendalam untuk memilih kemasan yang tepat.

Dalam memilih kemasan disarankan menggunakan yang bentuknya standing pouch full color. Kemasan ini memang mahal tetapi harga jual sambalnya juga tidak murahan.

Hal terpenting lain adalah pastikan tidak ada kebocoran dan tutup rapat-rapat kemasan sambal. Keteledoran pada bagian ini akan membuat sambal cepat basi dan rasanya juga tidak enak.

Referensi :

  • https://sajiansedap.grid.id/read/102816354/nyesel-baru-tahu-hari-ini-ternyata-begini-cara-menyimpan-sambel-ulek-agar-tahan-lama-dijamin-bisa-awet-sampai-2-bulan?page=all
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/03/05/084100975/7-cara-bikin-sambal-anti-basi-awet-sampai-3-bulan?page=all
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/01/13/164155/sambal-botolan-kian-diminati-ini-tips-menyimpannya-agar-tahan-lama
  • https://cekresi.com/plus/article/10-rekomendasi-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/03/05/084100975/7-cara-bikin-sambal-anti-basi-awet-sampai-3-bulan?page=all
  • https://www.kompas.com/food/read/2022/03/28/131200375/6-cara-simpan-sambal-agar-tidak-cepat-basi-?page=all
  • https://eprints.itn.ac.id/3860/2/BAB%201.pdf
  • https://travel.kompas.com/read/2018/02/24/090100227/asal-usul-pecel-makanan-untuk-semua-kalangan-yang-kaya-gizi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sambal
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/04/28/021600475/apa-fungsi-terasi-pada-masakan-bahan-umami-nusantara
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/02/05/101212075/resep-sambal-kacang-gorengan-cocok-untuk-makan-bakwan-dan-risol
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2010/07/21/10244252/bumbu.gado-gado.paling.tinggi.kalorinya
  • https://brainly.co.id/tugas/25779819
  • https://www.powerpack.co.id/blog/3-teknik-pengemasan-produk-makanan-agar-lebih-awet
  • https://motherandbeyond.id/read/15149/8-cara-menyimpan-makanan-agar-bisa-tahan-lebih-lama
  • https://opop.jatimprov.go.id/detail/485/tips-membuat-kemasan-produk-menarik
  • https://accurate.id/marketing-manajemen/tips-untuk-membuat-desain-kemasan/
  • https://ciptagrafika.com/membuat-produk-yang-menarik/
5/5 - (17 votes)
Business Owner at Twinpack Indonesia | Website | + posts

Efi Dian Wijayanti - Founder CV Twinpack Indonesia. More than 10 years working at PT Amcor Flexibles Indonesia (last Process Enginer Manager Technical and Research Development).
A little brief about me:

Deeply knowledge and skillful in whole process in Rotogravure Process, from Cylinder Making, Printing, Lamination both Dry and Solvent-less, Extrusion up to End Process, Slitting and Bag Making.
Good analytical skill and comprehensive way of thinking for solving and enhancing issue in production process on daily basis or wider scope.
Well trained and understanding of achieving company's cost saving, efficiency and effectiveness for gained saving for company's goals and mission
I'm a well trained for black belt Lean Six Sigma
I want to be continuous improvement expert and giving advantage on surrounding work environment

You can reach me on Facebook or Linkedin

Telah diliput media Kumparan

Tinggalkan komentar

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.