Desain Kemasan Kopi Unik Menarik & Contoh Gambar

Desain kemasan kopi unik & menarik adalah elemen penting di bisnis kopi. Tips pembuatan dari bahan kemasan kopi dari kertas, aluminium foil, plastik terbaru dan contoh gambar desain kemasan yang keren dari ahlinya di sini. Untuk menambahkan keunikan, kamu bisa menempelkan label stiker atau menggunakan jasa print di kemasan kopi sachet yang kamu jual.

Jika membahas tentang kopi memang tidak akan pernah ada habisnya karena kopi di Indonesia sendiri sangat beragam. Namun dalam berbisnis kopi tidak hanya kualitas kopi yang harus kamu perhatikan, kamu juga harus memperhatikan desain kemasannya juga.

Yuk simak ulasan twinpackindonesia.com berikut ini.

Desain Kemasan Meningkatkan Nilai Jual Produk

Kemasan memang menjadi lapisan terluar produk yang bisa terlihat langsung kepada konsumen. Kemasan bisa mewakili kualitas produk didalamnya. Begitupun kopi bubuk, konsumen pasti melihat bagaimana kualitas kopinya dari pertama kali melihat kemasan. Walaupun tidak bisa dengan mudah menyimpulkan, faktanya kemasan memang mempunyai pengaruh yang besar pada keberhasilan penjualan.

Kecanggihan teknologi membuat kemasan kopi bubuk menjadi sangat beragam dengan warna-warni yang detail. Bahan kemasan kopi juga semakin beragam dari berbagai jenis. Produsen produk kopi serbuk (powder), berlomba-lomba membuat kemasan yang menarik. Banyak unsur yang diperhatikan dalam membuat kemasan kopi sehingga kualitas kopi tetap terjaga hingga sampai ke konsumen.

Setiap produsen kopi pasti akan memperhatikan jenis dan desain kemasan terbaik. Alasannya, karakteristik fisikokimia kopi bubuk jelas berbeda dengan biji kopi. Jika salah menentukan kemasan bisa membuat kualitas kopi serbuk menurun, cepat basi atau menggumpal. Pertimbangan lain jika dalam proses distribusi kemasan tidak tahan air bisa membuat kopi bubuk menjadi cepat rusak.

Model dan Desain Kemasan Kopi di Pasaran

Kemasan tanpa segel

Kemasan kopi tanpa segel biasanya menggunakan jenis kertas food grade yang tahan minyak. Kemasan ini paling sering digunakan karena harganya yang terjangkau. 

Ciri khas kemasan ini adalah tidak disegel pada bagian (hanya digulung). Jenis kemasan ini sifatnya temporer. Ketika membeli kopi dengan kemasan seperti ini, biasanya pembeli langsung memindahkan kopi ke tempat khusus seperti toples.

Kemasan aluminium foil bersegel

Kemasan foil akhir-akhir ini tengah menjadi tren di pasaran. Foil tersusun atas material yang tebal, tahan air, dan kedap udara (vakum) sehingga mampu menjaga kesegaran kopi. 

Kamu bisa memakai kemasan foil untuk menyimpan kopi kamu. Selalu rekatkan segel pada bagian atas pada kemasan supaya kopi lebih awet.

Oh iya, Twinpack Indonesia menjual kemasan plastik vakum untuk mengemas produk frozen food, kacang, dan biji-bijian (serealia).

Kemasan bersegel dan kedap udara

Kemasan vakum banyak dipakai penjual kopi kemasan. Jenis kemasan ini biasanya dialiri gas inert sehingga oksigen yang menyebabkan oksidasi (tengik) dapat dikeluarkan. Oksigen merupakan zat yang bisa menyebabkan produk cepat rusak. Dengan model kemasan seperti ini membuat kopi bisa bertahan lebih lama.

Untuk kemasan produk berkualitas & harga kemasan kopi yang murah, silahkan beli di twinpackindonesia.com.

Kemasan kopi bubuk yang unik dan keren harga murah dan dilengkapi gambar ala vendor packaging custom terbaik, twinpackindonesia.com. Contoh desain kemasan kopi bubuk adalah merek Kapal Api.

Kemasan kopi bubuk dengan gambar desain unik, keren & menarik jadi penambah nilai harga jual. Contoh kopi kapal api sachet & kopi luwak yg dikemas dg mesin filler (pengisi).

Perkembangan Desain Kemasan Produk

Pentingnya Desain Kemasan Kopi Unik Agar Laris Manis
Contoh desain kemasan kopi unik dan menarik

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas kopi yang berbeda-beda. Secara pasar pun, kopi memang sangat diminati oleh semua kalangan. Sehingga jika kamu ingin berbisnis kopi, peluang usahanya masih cukup terbuka lebar. Namun perlu diingat juga bahwa persaingan bisnis kopi di Indonesia sangat besar dan beragam.

Kamu harus bisa mencari celah untuk bisa menonjolkan produk kopi (unique selling point, USP) buatanmu sehingga pembeli akan tertarik. Salah satunya adalah dengan membuat desain kemasan kopi unik. Desain yang unik akan membuat produk kopi kamu terlihat berbeda dengan produk kopi lainnya. Sehingga mereka tertarik untuk mencoba hanya karena melihat kemasan kopi yang menarik.

Sejak jaman dulu bisnis kopi bubuk skala home industri sudah dipasarkan namun kemasannya menggunakan plastik. Tahukah kamu kemasan mempengaruhi nilai jual. Sehingga tidak heran jika kopi kemasan plastik jaman dulu dijual dengan harga yang sangat murah dan tidak menarik secara kemasan. Maka itu penting banget membuat desain kemasan yang unik dan menarik.

harga kemasan kopi termurah dari vendor packaging kopi

Pada jaman dulu, penjual kopi tidak terlalu memikirkan desain kemasan produk seperti sekarang ini karena tingkat persaingan masih rendah. Mereka lebih berfokus pada kualitas kopi daripada kemasan. 

Beda dulu, beda sekarang. Jika kamu mengikuti cara bisnis seperti jaman dulu, maka bisa dipastikan produk kopi kamu tidak akan dilirik pembeli. Akibatnya adalah produk kopi kamu tidak laku di pasaran.

Menyajikan kopi dalam kemasan yang menarik merupakan satu cara pemasaran terbaru yang terbukti mampu menarik pembeli. Dengan cara ini kamu tidak perlu menambah biaya bahan yang mempengaruhi harga jual produk keseluruhan. Dengan begitu kamu akan bisa membuat kemasan menarik tanpa menaikkan harga jual terlalu tinggi. Kamu bisa mencari harga kemasan kopi paling murah dari vendor packaging kopi via internet.

Selain desain dan model, kini bahan kemasan kopi semakin beragam. Kamu bisa memilih kemasan yang terbuat dari bahan aluminium foil, kertas, plastik nylon atau lainnya. 

dengan harga murah namun tetap mempertimbangkan kualitas. Jangan membuat patokan harga murah saja karena faktanya sudah banyak kemasan kopi harganya murah dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Peranan dan Manfaat Desain Kemasan Terhadap Penjualan

Menarik minat pembeli

Jual kemasan kopi alufoil warna putih

Desain kemasan kopi unik dan menarik bisa menjadi daya tarik pembeli. Terkadang orang membeli produk bukan karena ingin produknya tapi karena merasa tertarik dengan kemasannya. Sehingga saat ini para pelaku usaha sudah banyak yang membuat kemasan-kemasan dengan ide kreatif mereka. Karena memang menyadari jika desain kemasan mampu menarik pembeli.

Kamu bisa mencari informasi beberapa contoh desain kopi yang unik dan menarik. Sehingga produk kamu akan terlihat fresh dengan kemasan yang kekinian. Pembeli suka dengan kemasan produk yang kekinian. Manfaatkan peluang ini untuk bisa membuat desain produk kopi yang unik dan diminati oleh konsumen dengan tetap memperhatikan kualitas.

Meningkatkan penjualan kopi

Jual Kemasan Flat Bottom Lokal Paper Kraft coklat

Desain kemasan kopi unik ternyata memang sangat berpengaruh terhadap penjualan karena akan memberikan nilai lebih. Produk kopi kamu akan terlihat lebih menarik sehingga dengan melihat kemasannya saja, pembeli akan percaya dengan kualitas kopi kamu. Bandingkan jika kemasan kamu asal-asalan pasti produk kamu juga akan dinilai rendahan.

Meningkatkan nilai tambah

jual kemasan flat bottom import untuk kopi bubuk dan biji kopi harga murah

Saat ini kopi bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga, saudara dan kerabat. Jika kemasan kopi kamu menarik dan unik jelas akan memberikan kesan “mahal”. Sehingga pembeli akan lebih tertarik membeli kopi kamu untuk diberikan sebagai buah tangan. Orang yang menerima produk kopi dengan kemasan menarik pasti akan merasa senang.

Tips Membuat Desain Kemasan Kopi yang Unik dan Menarik

Buatlah kemasan kopi yang bisa digunakan lagi

Membuat desain kemasan kopi unik perlu untuk menarik pembeli. Namun ada hal lain yang harus kamu pikirkan ketika membuat desain kemasan. Salah satunya adalah dengan membuat kemasan kopi yang bisa digunakan lagi. Misal kemasan kopi kamu merupakan toples kecil, nah pasti pembeli akan tertarik karena membeli kopi sekaligus mendapatkan toples.

Gambar kreatif dalam desain kemasan

Tips lain membuat desain kemasan kopi unik adalah dengan membuat gambar yang kreatif dalam desain kemasan. Seperti desain kemasan makanan ringan yang ada gambar wajahnya. Kemasan snack bisa digunakan untuk berfoto mengupdate sosial media mereka. Bayangkan jika pembeli menggunakan produk kamu dalam sosial media maka promosi gratis namanya.

Buat kemasan yang berbeda dari produk kopi lainnya

Saat ini sudah banyak produk kopi yang beredar di pasaran. Jika kamu membuat produk kopi baru harus memberikan perbedaan dengan produk yang sudah ada dipasaran. Perbedaan yang paling mudah adalah di kemasan. Buatlah kemasan yang berbeda dari produk kopi yang sudah ada. Dengan begitu pembeli akan tertarik karena produkmu berbeda. Jadilah penjual kopi terbaik yang didukung dengan kemasan memadai.

Desain kemasan simpel tapi elegan

Dalam membuat desain kemasan kopi unik tidak harus yang ramai dan berwarna-warni. Kamu bisa membuat desain kemasan yang simpel namun tetap memberikan kesan yang elegan. Seperti warna kemasan putih yang menunjukkan produk itu berkelas. Sehingga pembeli dari kalangan atas pun akan merasa tertarik membeli produk kamu.

Komponen Utama Dalam Pembuatan Desain Kemasan Kopi

Nama produk

Membuat desain kemasan kopi unik tetap harus memperhatikan informasi yang ada dalam kemasan kopi itu sendiri. Informasi yang wajib ada adalah nama produk kopi itu sendiri. Nama istilahnya branding produk kamu. Dengan begitu pembeli akan mengenal produk kamu dari nama atau brand. Buatlah nama produk yang mudah diingat pembeli.

Warna kemasan

Warna kemasan juga sangat penting dalam kemasan produk. Warna yang dipakai untuk kemasan tidak harus sesuai dengan produk. Sehingga jika produk kamu kopi hitam maka kemasan tidak harus berwarna hitam. Pilihlah warna yang mampu menarik pembeli namun tetap mewakili isinya di dalam kemasan itu sendiri yaitu kopi.

Informasi penting dalam kemasan

Informasi penting perlu kamu cantumkan dalam kemasan kopi agar pembeli lebih percaya. Misal seperti informasi tentang ijin produksi, tanggal produksi, tanggal expired dan komposisi produk kopi. Dengan informasi yang jelas membuktikan kalau produk kopi kamu sudah memenuhi standar dan layak untuk dicoba.

Fungsi dan Peran Desain Kemasan Kopi yang Unik dan Menarik

Disarikan dari laman blog sribulancer, ada 4 fungsi dan peran kemasan kopi, yaitu:

  1. Sebagai sarana komunikasi
  2. Simbol estetika
  3. Wadah pendistribusian
  4. Memberi proteksi terhadap produk

Berikut adalah penjelasan dari setiap fungsi kemasan kopi.

Sebagai sarana komunikasi

jual kemasan transparan

Kemasan mampu memberikan kesan pertama kepada pembeli yang melihat produk kamu karena memang berada di bagian terluar produk. Hal inilah yang biasanya disebut dengan komunikasi visual, sehingga membuat pembeli akan merasa impresi. Hanya dari kemasan saja pembeli akan menilai kalau produk kopi kamu berkualitas sehingga tertarik untuk membelinya.

Simbol estetika

Desain kemasan kopi unik merupakan simbol estetika suatu produk yang bisa memberikan nilai lebih untuk produk kopi kamu. Ciri estetik suatu kemasan produk bisa dilihat dari warna kemasan, tipografi dan komposisi. Tidak perlu membuat kemasan yang ramai. Buatlah kemasan yang unik, menarik namun tetap memberikan kesan elegan.

Wadah pendistribusian

Produk kopi kamu untuk bisa sampai ke konsumen harus melalui proses distribusi yang panjang. Itulah pentingnya kemasan sebagai wadah saat proses pendistribusian. Maka sangat penting untuk membuat kemasan yang berkualitas agar produk kopi kamu tetap terjaga kualitasnya hingga sampai ke tangan konsumen.

Memberi proteksi terhadap produk

Kemasan produk tidak hanya memperhatikan keunikannya saja. Kamu harus memahami kalau fungsi kemasan produk yaitu memberikan proteksi terhadap produk kopi kamu. Agar tetap menjaga kualitas kopi, kamu harus membuat kemasan yang kedap udara, tidak tembus air dan bisa membuat kopi tahan lama seperti tidak menggumpal.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Membuat desain kemasan suatu produk kopi harus memikirkan banyak aspek. Dari bagaimana desain kemasan yang menarik sehingga berbeda dari produk kopi lainnya, peran dan fungsi kemasan itu sendiri. Desain kemasan kopi unik memang akan mendukung nilai kopi kamu dan pastinya akan mendukung omzet penjualan yang akan didapat.

5/5 - (28 votes)
Business Owner at Twinpack Indonesia | Website | + posts

Efi Dian Wijayanti - Founder CV Twinpack Indonesia. More than 10 years working at PT Amcor Flexibles Indonesia (last Process Enginer Manager Technical and Research Development).
A little brief about me:

Deeply knowledge and skillful in whole process in Rotogravure Process, from Cylinder Making, Printing, Lamination both Dry and Solvent-less, Extrusion up to End Process, Slitting and Bag Making.
Good analytical skill and comprehensive way of thinking for solving and enhancing issue in production process on daily basis or wider scope.
Well trained and understanding of achieving company's cost saving, efficiency and effectiveness for gained saving for company's goals and mission
I'm a well trained for black belt Lean Six Sigma
I want to be continuous improvement expert and giving advantage on surrounding work environment

You can reach me on Facebook or Linkedin

Telah diliput media Kumparan

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.