Bahan Kemasan Kopi: Kertas, Aluminium Foil, Plastik, Metalize

Kemasan kopi terbaik itu terbuat dari bahan kertas, aluminium foil roll atau plastik? Vendor & supplier packaging kopi custom, Twinpack Indonesia, jual kemasan kopi harga murah. Bungkus atau Kemasan kopi terbaik untuk jenis robusta & arabika perlu didesain unik dan menarik sehingga pembeli UKM di Surabaya Medan jogja Semarang tertarik membeli.

Buat kamu yang cari kemasan, bungkus atau packaging biji kopi atau bubuk kopi silakan hubungi admin twinpackindonesia.com. Kami jual aneka kemasan biji kopi dan siap kirim ke Bandung, Toraja, Lampung, Aceh dan seluruh wilayah Indonesia.

Apa itu Bahan Kemasan Kopi?

kemasan kopi flat bottom square putih

Bahan Kemasan kopi adalah jenis material (bahan) yang digunakan untuk mengemas/membungkus kopi sehingga kopi lebih terlindungi, lebih awet dan lebih laku untuk dijual. Ada beberapa bahan kemas yang sering digunakan untuk mengemas kopi, yakni:

  • aluminium foil
  • kertas Kraft
  • plastik

Packaging kopi unik dari sisi jenis bahan, ukuran & desain bisa anda peroleh dari vendor packaging. Beberapa supplier kemasan jual packaging dalam bentuk print custom dan sablon.

Anda sedang mencari packaging kopi yang bagus dan cocok untuk kebutuhan branding? Di artikel ini, twinpackindonesia.com akan ulas tentang apa itu packaging, jenis kemasan dan variasi desain kemasan. Pasalnya, kemasan kopi ini beragam, ada yang klasik ada pula yang modern.

Jenis Bahan Kemasan Kopi

Ada beberapa jenis kopi yang diperjualbelikan. Penjualan kopi dilakukan setelah proses panen (pemetikan biji kopi). Kopi sudah mulai diperjualbelikan dalam bentuk:

  • green bean, penjualan langsung biji kopi hasil panen,
  • teh cascara yaitu kulit ari biji kopi,
  • roasted bean, biji kopi yang sudah di goreng/sangrai
  • bubuk kopi.

Namun dalam era milenial dengan perkembangan teknologi yang ada, penjualan kopi dalam bentuk roasted bean terbukti memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pembeli terbanyak roasted been adalah pegawai kantoran, eksmud dan kawula muda masa kini.

Alumunium foil

kemasan kopi dari bahan aluminium foil
Gambar kemasan kopi dari bahan aluminium foil

Bahan kemasan kopi bubuk alumunium foil paling banyak digunakan karena memang membuat kopi menjadi lebih awet. Selain itu memakai bahan kemasan ini membuat produk lebih menarik serta kekinian. Bahan alumunium foil juga bisa didesain dengan warna dan tulisan sesuai permintaan produsen.

Untuk jenis kemasan kopi, tipe standing pouch dan flat bottom, anda bisa membelinya di twinpackindonesia.com. Anda bisa menambahkan label produk dalam bentuk sablon di sisi luar kemasan.

Untuk biji kopi sangrai/roasted bean dan bubuk kopi sebaiknya menggunakan kemasan alufoil. Kemasan alufoil sendiri bisa dilaminasi dengan plastik maupun dengan kertas kraft paper (kemasan kraft paper).

Kemasan roasted bean identik dengan degassing valve yang dilekatkan pada kemasan. Valve kopi atau katup digunakan untuk mengeluarkan gas CO2 pada biji kopi yang sudah disangrai (dimasak tanpa minyak), karena jika tidak maka kemasan akan menggembung akibat gas yang dihasilkan tidak bisa keluar. Valve bersifat one way yaitu hanya mengeluarkan gas dari dalam ke luar, sedangkan udara dari luar ke dalam terhambat. Namun jangan khawatir, Kemasan biji kopi atau bubuk kopikami sudah dilengkapi dengan valve tersebut.

Jika ingin produk dikemas sachet, maka anda bisa membeli roll aluminium dengan minimum pembelian 3 roll. Anda bisa melakukan cetak (printing) label di sisi luar kemasan. Jenis kemasan ini cocok buat anda yang menggunakan mesin pengisi produk (filling machine).

Kertas

kemasan kopi dari bahan kertas
Gambar kemasan kopi dari bahan kertas

Pemilihan bahan kertas food grade bisa menjadi pilihan untuk mengemas bubuk kopi. Namun penggunaan bahan kertas sebaiknya tidak untuk jangka panjang. Biasanya produsen kopi bubuk memilih bahan ini hanya untuk kopi pesanan saja dan konsumen akan segera memindahkan kopi bubuk ke toples khusus agar lebih tahan lama.

Anda bisa membeli kemasan dari paper kraft berbentuk gusset. Warna kertas yang khas untuk kemasan ini adalah coklat.

Plastik

Kemasan yang diperlukan untuk green bean, roasted bean dan kopi bubuk berbeda spesifikasinya. Alasannya adalah sifat dan karakteristik dari setiap kopi olahan tersebut berbeda-beda.

Kami, CV Twinpack Indonesia, menjual jenis kemasan yang sesuai untuk setiap bentuk kopi tersebut. Berbagai jenis kemasan untuk kopi yang Twinpack Indonesia jual adalah sebagai berikut:

  1. berbahan dasar plastik laminasi transparan,
  2. plastik laminasi alufoil,
  3. laminasi kertas kraft.

Untuk mengemas Green bean/biji kopi mentah cukup menggunakan kemasan transparan/kemasan plastik dengan berbagai model kemasan.

Kaca

Pemilihan bahan dalam pengemasan kopi bubuk memang perlu dipertimbangkan karena mengingat menjaga kesegaran kopinya. Pemilihan bahan berupa toples kaca bisa menjadi pilihan yang sangat bagus. 

Bahan kaca bersifat inert. Artinya kaca tidak bereaksi dengan produk yang dikemas di dalamnya. Toples kaca mampu menjaga kopi bubuk menjadi lebih tahan lama, kedap udara dan yang pasti tahan dari air.

Karung goni 

Kemasan kopi bubuk yang unik bisa juga dari bahan karung goni khusus. Jenis kemasan ini cocok untuk mengemas kopi yang difungsikan sebagai aroma terapi. Anda bisa menikmati aroma khas kopi dengan jenis kemasan seperti ini karena ada rongga kecil di kemasan. Rongga ini memungkinkan aroma kopi keluar.

Umumnya kopi dikemas dengan kemasan berbentuk karung tetapi berukuran kecil. Penggunaan bahan ini memang perlu dipertimbangkan karena kopi bubuk sangat halus. Biasanya bahan karung goni berukuran besar digunakan untuk mengemas biji kopi (coffee bean).

Setiap penjual kopi bubuk memang memiliki beberapa macam cara pengemasan yang berbeda. Semua pengemasan memiliki tujuan yang sama yaitu membuat lebih menarik dan kekinian juga melindungi produk kopi itu sendiri. 

Dilansir dari bisnisukm.com, ada tiga macam kemasan kopi yang umum atau biasa digunakan oleh para penjual produk kopi kemasan.

Tujuan Mengemas Kopi

kemasan kopi flat bottom square merah

Packaging atau pengemasan kopi memiliki tujuan ke dalam (internal) dan keluar (eksternal). Secara umum, pengemasan bertujuan untuk:

  • Menjaga dan melindungi kualitas produk kopi, sehingga tetap segar dan aromanya harum setibanya di alamat pelanggan. 
  • Menjadi daya keunikan produk kopi yang dijual. Unik ini akan terlihat berbeda bila dibandingkan dengan brand produk kopi lainnya. Oleh karena itu buatlah desain label kemasan yang unik dan menarik. 
  • Meningkatkan penjualan. Kemasan yang keren akan membuat publik lebih percaya dengan kualitas produk di dalamnya, sehingga mereka berminat untuk membelinya. 

Mengemas kopi  tidak sekedar memastikan produk aman dan terlindungi. Namun lebih dari itu, bila dipadukan dengan branding maka dapat meningkatkan reputasi produk & perusahaan sehingga omzet pun naik. Wajar kiranya,  jika pebisnis kopi sangat hati-hati dalam memilih jenis packaging kopi sehingga mendapatkan yang paling tepat.

Kopi, Minuman yang Banyak Peminatnya

Saat ini kopi tidak lagi dikonsumsi oleh laki-laki saja, tetapi wanita masa kini pun turut menikmati sajian minuman berbasis kopi. Kopi sudah menjadi gaya hidup (life style) bagi semua orang termasuk anak muda dan remaja jaman now.

Pertumbuhan bisnis minuman (maklon kopi) dapat dilihat dari menjamurnya kedai-kedai kopi di seluruh tanah air. Mulai dari kedai atau warung kopi sederhana hingga coffee shop (kafe) yang dirancang wah dengan beragam fasilitasnya.

Fenomena menggairahnya penjualan minuman kopi ini ditangkap oleh para pengusaha muda. Mereka menyajikan kopi terbaik buat para penikmat kopi yang tersebar di seluruh nusantara. Disinilah peranan kemasan kopi, baik kemasan bubuk kopi maupun kemasan biji kopi sangrai. Buat anda pengusaha & penjual kopi yang mencari kemasan produk kopi terbaik, maka twinpackindonesia.com siap melayani permintaan anda. Kemasan biji atau bubuk kopi yang baik bisa menjaga kualitas kopi, terutama aromanya, tetap dalam kondisi prima.

Jenis Kopi Terbaik

Di era digital sekarang ini, di social media bermunculan jenis kopi lokal yang berasal dari daerah. Misalnya saja kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Lampung. Setiap varietas kopi punya ke-khasan cita rasa masing-masing yang berbeda antar daerah.

Biji-biji kopi terbaik yang berasal daerah tersebut memerlukan kemasan yang baik. Dengan kemasan terbaik maka aroma biji kopi tidak akan hilang ketika didistribusikan. Cita rasa kopi akan sama ketika dari petani kopi sehingga sampai para roaster kopi, barista coffee shop, maupun penikmat kopi di kedai kopi atau pembeli kopi perseorangan.

Cita Rasa Kopi

Kopi memiliki aroma dan cita rasa yang khas dan unik . Ada beberapa faktor yang mempengaruhi aroma dan cita rasa setiap jenis kopi lokal. Munculnya aroma dan cita rasa kopi tersebut bisa berasal dari:

  1. varietas kopi (arabika/robusta)
  2. proses penanaman (ketinggian
  3. jenis unsur hara
  4. proses pemetikan
  5. pengolahan pasca panen
  6. penggorengan biji kopi
  7. proses penyeduhan.

Setiap tahapan di atas berperan dalam menentukan aroma dan cita rasa kopi.

Kualitas kopi dapat ketahui dari hasil uji. Kopi terbaik dilihat dari nilai cupping test. Uji kopi dilakukan oleh panelis bersertifikat. Dia punya kemampuan dalam menentukan rasa dan aroma kopi.

Cara Menikmati Kopi, Dulu dan Kini

Kemasan Kopi Sachet: Desain Kemasan & Cara Memilih Bahan Terbaik
Kemasan Kopi Sachet: Desain Kemasan & Cara Memilih Bahan Terbaik

Kopi sudah dinikmati sejak jaman dulu dengan cara-cara yang terbilang tradisional. Kopi bubuk kemasan kiloan lazim digunakan sebagai minuman jamuan kepada tamu yang populer selain teh.

Sampai saat ini, kopi masih dijadikan minuman jamuan yang nikmat. Istilah milenialnya adalah teman ngobrol yang asyik. 

Kamu bisa menikmati kopi untuk sekedar bersantai atau membicarakan bisnis dengan klien. Segelas kopi sachet sudah cukup sebagai teman yang menghangatkan suasana.

Kopi enak disajikan panas atau dingin

Berbicara tentang kopi memang tidak akan pernah ada habisnya. Cara penyajian kopi terus berkembang mengikuti selera konsumen.

Jenis kopi yang semakin beragam ternyata berdampak pada cara penyajiannya. Jika dulu kopi hanya bisa dinikmati dengan seduhan air panas, kini kopi bisa juga dinikmati dengan cara dingin yaitu menambahkan es ke dalam kopi.

Jadi haus deh kalo pas suasana panas kek gini.

Kopi sachet lebih praktis

Dulu, penjualan kopi dilakukan dalam bentuk kiloan besar. Jadi, konsumen membeli kopi dalam jumlah banyak. 

Saat ini sudah ada kemasan kopi sachet, dimana kopi dijual dalam bentuk sachet kecil. Kopi dalam kemasan saset dimaksudkan untuk sekali pakai. Jika kamu kesulitan menakar kopi untuk satu gelas, maka kamu bisa gunakan kopi sachet yang tanpa menakar lagi.

Warna kemasan kopi

Untuk mengikuti tren warna kemasan, kami sediakan warna kemasan doff/kemasan matte dengan pilihan warna hitam, merah, putih gold dan coklat. Namun demikian untuk warna kemasan kilap masih tetap kami sediakan, dengan pilihan warna gold, merah dan hijau.

Jenis Packaging Kopi 

Packaging Kopi Unik: Jenis Bahan, Ukuran, Desain, Vendor

Awalnya, produk kopi lumrah dijual dalam kemasan plastik transparan maupun kertas Kraft yang tidak transparan. Seiring berjalannya waktu, jenis kemasan minuman tradisional dan alami ini mengalami perkembangan pesat. Teknologi mesin packaging mempengaruhi desain, material, ukuran, warna dan aspek estetika lain dari kemasan kopi.

Tampilan fisik kemasan kopi pun semakin terlihat modern, kekinian dan lebih profesional. Masyarakat pun rela merogoh kocek lebih karena desain kemasan yang begitu menarik. Ibara orang menilai buku dari covernya, maka kualitas kopi pun dilihat dari kemasannya. Apakah tersegel dengan rapat dan kedap udara atau sebaiknya.

Secara umum jenis untuk kemasan kopi ini ada beberapa. Anda bisa memilih sesuai jenis atau karakter kopi yang ingin dipasarkan.

Apakah menjual biji kopi hijau yang belum diproses (dipanggang, roasting) atau kopi bubuk siap saji?. Kopi instan bubuk memudahkan pelanggan menikmati kopi tanpa perlu menggerusnya terlebih dulu.

Berikut merupakan jenis-jenis kemasan yang umum dijumpai di pasaran. Semoga bisa menjadi preferensi anda dalam memilih jenis kemasan yang terbaik: 

Kemasan kopi tanpa segel 

Jenis packaging kopi yang pertama adalah kemasan tanpa segel yang umumnya terbuat dari material kertas kraft. Kertas ini sudah didesain oleh produsennya agar food grade sehingga aman untuk dijadikan kemasan makanan atau minuman, salah satunya kopi. Kertas ini tidak didesain memiliki segel dan biasanya ditutup dengan cara digulung bagian atasnya.

Kemasan ini meski sederhana dan tidak disediakan fitur pengaman, yakni segel tetap diminati oleh pebisnis kopi. Masyarakat yang memang menyukai kopi pun kerap kali menjadikannya sebagai pilihan, selama kopi yang dijual dalam kondisi segar.

Jenis packaging ini ditujukan untuk pelanggan yang sudah terbiasa menyetok dan menikmati kopi. Sehingga di rumah sudah menyiapkan wadah khusus seperti canister untuk menyimpan kopi yang sudah dibeli. Meskipun kemasan kertas kurang mampu menjaga kualitas kopi namun jika langsung dipindahkan di wadah yang tepat maka tidak ada masalah.

Rata-rata produsen kopi yang memilih packaging ini adalah produsen kopi yang sudah dipanggang. Proses pemanggangan membuat kopi sudah matang dan siap digiling kemudian diseduh. Produsen kopi biasa menjual kopi panggang yang masih dalam bentuk biji ketika mempergunakan kemasan jenis ini.

Kemasan kopi tersegel dan dilapisi aluminium foil 

Jenis kemasan kopi yang kedua adalah kemasan yang tersegel dan di bagian dalamnya dilapisi oleh bahan aluminium foil. Kantong kemasan ini didesain dengan segel yang bisa langsung dikunci ketika kopi dimasukan ke dalamnya. Adanya segel membuat aliran udara terhenti yang membuat kualitas kopi terjaga.

Umumnya kopi yang sudah disangrai atau dipanggang akan langsung dikemas ke kemasan jenis ini. Adanya lapisan aluminium foil bertujuan untuk menjaga kualitas kopi sekaligus mencegah kontaminasi bakteri. Selain itu membantu proses sirkulasi karbondioksida yang dikeluarkan oleh biji kopi usai disangrai.

Keluarnya zat karbondioksida ini umum dan normal karena merupakan proses alami yang terjadi pada biji kopi usai dipanaskan. Prosesnya sendiri berlangsung beberapa hari usai diolah. Tentunya tidak akan merusak kopi selama karbondioksida bisa keluar dengan mudah melalui kemasan jenis ini.

Kemasan jenis ini perlu diakui  banyak diminati karena selain mampu menjaga kualitas kopi tetap baik sampai diterima pelanggan. Juga terbilang ramah lingkungan karena mudah diuraikan oleh alam seperti kemasan kertas kraft. Alasan lainnya adalah karena harganya yang cukup terjangkau sehingga bisa dipilih oleh pelaku UMKM sekalipun.

Kemasan kopi tersegel sekaligus kedap udara 

Jenis packaging kopi yang terakhir adalah kemasan yang tersegel sekaligus kedap udara. Secara tampilan fisik memang desainnya mirip bahkan sama persis dengan kemasan tersegel dilapisi aluminium foil. Hanya saja kemasan jenis ini memerlukan alat khusus pada saat digunakan untuk mengemas kopi.

Alat yang digunakan berfungsi untuk menyedot atau mengeluarkan oksigen yang ada di dalam kemasan. Kandungan oksigen dalam kemasan kopi inilah yang berpotensi merusak kualitasnya. Jika dikeluarkan maka kualitas akan terjaga dan bahkan lebih lama jika dibandingkan dengan kemasan tersegel dan dilapisi aluminium foil.

Sifatnya yang kedap udara juga membuat kemasan ini lebih ringkas, karena tidak menggembung. Sehingga penyimpanan kopi menjadi lebih mudah sekaligus tidak memakan banyak tempat. Meski begitu kemasan ini memang punya harga paling mahal dibandingkan dengan kemasan jenis lainnya.

Contoh Model Kemasan Kopi

Jenis bahan, fitur & desain kemasan kopi bubuk semakin berkembang menjadi lebih kekinian seperti halnya varian produk kopi baru yang terus bermunculan. Walaupun desain kemasan kopi itu sendiri menjadi lebih menarik ternyata bisa juga juga dibuat dari jenis bahan kemasan yang murah.

Anda tidak harus membuat kemasan dari material yang kualitasnya super bagus dan harganya mahal. Kini, banyak berbagai jenis bahan kemasan yang mempunyai harga murah banyak ditemui di pasaran.

Saat ini, ada beragam jenis model desain packaging (kemasan) kopi yang dijumpai di pasaran. Munculnya variasi model desain kemasan ini berfungsi untuk menarik minat calon pembeli dan disesuaikan dengan jenis produk yang dikemas. Secara umum ada 4 macam packaging kopi, yakni:

  • Kemasan standing pouch
  • Kemasan gusset
  • Kemasan flat bottom
  • Kemasan Kraft paper (kertas Kraft)

Silakan lihat gambar berikut.

kemasan kopi standing pouch
Gambar kemasan standing pouch
kemasan kopi gusset warna doff
kemasan model gusset
kemasan kopi flat bottom
Gambar model kemasan flat bottom
kemasan kopi kraftpaper
Gambar model kemasan kraftpaper

Selain memiliki jenis yang lumayan beragam, kemasan kopi ternyata juga memiliki desain yang cukup variatif. Diantaranya adalah:

  • Kemasan kopi dengan desain gusset yang cocok dipakai untuk kopi bubuk, dan bentuknya kotak seperti bantal. 
  • Kemasan kopi model flat bottom yang bagian bawahnya datar dan meruncing di bagian atasnya, kemasan ini bisa dibuat berdiri sehingga lebih menarik dilihat oleh konsumen. 
  • Kemasan model standing pouch yang berupa kantong dengan bagian bawah yang datar sekaligus ditunjang fitur zipper sebagai segel.

Desain kemasan  berbeda-beda pun dengan fitur segelnya, hal ini bertujuan untuk membantu menemukan kemasan sesuai karakter kopi yang dijual. Sebab seperti yang sudah disinggung di awal jika kopi dalam bentuk biji membutuhkan kemasan yang berbeda dengan kopi yang sudah digiling.

Kemasan juga akan menentukan kualitas kopi dapat terjaga sampai berapa lama sekaligus menentukan tampilannya menarik atau tidak. Mengenal semua jenis kemasan ini penting untuk bisa membandingkan satu sama lain kemudian memilih yang terbaik sesuai kebutuhan maupun anggaran. Maka silahkan mempertimbangkan penjelasan di atas agar tidak keliru dalam memilih packaging kopi yang terbaik.

Untuk penawaran terbaik, silakan hubungi kami sekarang.

Pertimbangan Memilih Kemasan Kopi

Fungsi kemasan

Dalam menentukan kemasan kopi bubuk ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah fungsi dari kemasan itu sendiri.

Setiap jenis kemasan berfungsi sebagai media pemasaran, sehingga desain kemasan harus menarik. Selain itu fungsi utama kemasan lainnya adalah menjaga kualitas kopi bubuk agar bisa bertahan lama dan terjaga kesegarannya hingga sampai ke tangan konsumen.

Harga kemasan

Hal kedua yang harus dipertimbangkan dalam memilih kemasan adalah harga kemasan itu sendiri. Kemasan memang harus menarik dan kekinian namun jika terlalu mahal membuat produk kopi juga akan menjadi mahal. Pilihlah kemasan yang bagus, menarik dan berfungsi dengan baik tetapi dengan harga murah.

Kualitas material kemasan 

Plastik, kertas dan aluminium foil merupakan contoh bahan kemasan untuk kopi bubuk. Selain digunakan untuk mengemas, bahan tersebut juga dapat memberikan perlindungan terhadap kopi bubuk di dalamnya. 

Perlu pemilihan kualitas bahan kemasan yang tidak mudah rusak dan tahan air. Dengan begitu kopi bubuk akan tetap terjaga selama proses distribusi. Pasalnya, untuk bisa sampai ke tangan konsumen produk perlu proses dan waktu yang panjang.

Desain kemasan

Desain kemasan memang harus dipertimbangkan dalam memilih kemasan yang cocok untuk kopi bubuk. Desain yang unik dan keren membuat produk menjadi berbeda sehingga membuat konsumen penasaran. Maka dari itu pilih desain yang sesuai dengan imej kopi bubuk tetapi tetap memberikan unsur elegan, keren dan kekinian.

Tips Membeli Kemasan Kopi Agar Tepat

Pilih ukuran kemasan 

Menentukan kemasan kopi yang terbaik memang susah-susah gampang. Namun, ada beberapa tips yang bisa digunakan. Pertama pilihlah ukuran kemasan yang pas untuk kopi bubuk. 

Besar ukuran kemasan harus sesuai dengan banyaknya kopi bubuk yang  dikemas. Jangan menggunakan kemasan yang terlalu besar dengan isi sedikit karena bisa mengecewakan pelanggan.

Pilih jenis kemasan 

Sebelum memutuskan menggunakan jenis kemasan yang cocok untuk kopi serbuk. Harus dipahami terlebih dahulu apa itu jenis kemasan yang sudah diuraikan secara sederhana di atas. Pilihlah jenis kemasan yang terbaik untuk kopi bubuk karena memang harus dijaga kesegaran sampai di tangan konsumen.

Pilih fitur kemasan 

Dalam memilih kemasan harus memikirkan fitur kemasan itu sendiri. Fitur kemasan terdapat tiga yaitu valve, zipper dan vacuum. Valve cocok untuk mengemas produk yang mengeluarkan gas. Zipper melindungi produk dari sinar matahari dan oksigen dari luar. Zipper mampu menjaga daya tahan produk agar tidak mudah kadaluarsa. 

Pilih bahan kemasan

Tips lain dalam memilih kemasan untuk kopi serbuk yaitu dalam pemilihan bahan. Bahan kemasan yang akan digunakan akan mempengaruhi nilai jual. Pilihlah bahan kemasan yang terlihat mahal tetapi dengan harga murah. Dengan begitu produk yang dikemas di dalamnya juga akan terlihat berkelas.

Jenis kemasan memang sangat beragam namun dalam memilih kemasan untuk produk kopi bubuk harus banyak dipertimbangkan. Kopi bubuk berupa butiran halus dan perlu dijaga kesegaranya. Jika terkena air, kopi bubuk bisa menggumpal dan menjadi rusak. Maka dari itu pemilihan jenis kemasan kopi bubuk sangat penting mempengaruhi kualitas kopi itu sendiri.

Rekomendasi Supplier Kemasan & Packaging Kopi

Untuk kebutuhan kemasan produk anda, silakan menghubungi kami via telp, online chatting via WA, Instagram, dan Facebook. Customer Service kami selalu siap membantu anda.

5/5 - (13 votes)
Business Owner at Twinpack Indonesia | Website | + posts

Efi Dian Wijayanti - Founder CV Twinpack Indonesia. More than 10 years working at PT Amcor Flexibles Indonesia (last Process Enginer Manager Technical and Research Development).
A little brief about me:

Deeply knowledge and skillful in whole process in Rotogravure Process, from Cylinder Making, Printing, Lamination both Dry and Solvent-less, Extrusion up to End Process, Slitting and Bag Making.
Good analytical skill and comprehensive way of thinking for solving and enhancing issue in production process on daily basis or wider scope.
Well trained and understanding of achieving company's cost saving, efficiency and effectiveness for gained saving for company's goals and mission
I'm a well trained for black belt Lean Six Sigma
I want to be continuous improvement expert and giving advantage on surrounding work environment

You can reach me on Facebook or Linkedin

Telah diliput media Kumparan

Tinggalkan komentar

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.