Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Aluminium Foil

Kemasan aluminium foil cocok digunakan untuk mengemas produk yang cepat rusak karena udara, cahaya matahari dan faktor lingkungan lainnya. Contoh produknya adalah susu bubuk, kopi sangrai (biji & bubuk), minuman serbuk, coklat, dan snack (makanan ringan).

Buat sobat UMKM dan industri/pabrik yang membutuhkan kemasan aluminium foil baik itu berbentuk roll (gulungan, lembaran) polos maupun cetak kemasan alufoil, maka kamu bisa beli di Twinpack Indonesia. Jenis kemasan aluminium foil roll cocok banget buat kamu yang sudah pakai mesin filling karena akan dijual dalam bentuk sachet.

Model desain packing produk dengan aluminium foil yang sering dijumpai adalah standing pouch, gusset, flat bottom

Twinpack Indonesia menjual kemasan alufoil dengan harga terjangkau, baik itu polos maupun cetak custom. Oh iya, murah atau mahalnya harga kemasan aluminium foil itu relatif. Pada dasarnya setiap jenis desain kemasan memiliki kelebihan dan kekurangan yang menentukan harga kemasan itu sendiri.

Kamu dapat melihat contoh kemasan aluminium foil pada gambar berikut ini. Yuk simak ulasan twinpackindonesia.com selengkapnya.

Apa itu Kemasan Aluminium Foil?

kemasan aluminium foil adalah

Kemasan aluminium foil adalah jenis pembungkus produk yang terbuat dari bahan logam alumunium foil (alufoil). Bahan logam ini memang lazim digunakan untuk mengemas produk makanan dan minuman yang membutuhkan perlindungan khusus (ekstra).

Aluminium foil termasuk kemasan fleksibel (flexible packaging) selain plastik dan kertas. Sekarang ini, kamu dapat menjumpai kemasan makanan dari bahan aluminium foil dengan mudah di pasaran. FYI, aluminum foil packaging market di Indonesia cukup kompetitif.

Sebagai kemasan, bahan alufoil sangat baik untuk melindungi produk dari sinar matahari secara langsung, air dan udara. Untuk produk-produk yang mudah menggumpal seperti kopi bubuk, kemasan aluminium foil sangat bisa diandalkan.

Fungsi Kemasan Aluminium Foil

Jual kemasan kopi alufoil warna putih

Memperluas area pemasaran dan penjualan produk

Indonesia memiliki market size (ukuran pasar) yang sangat besar untuk pemasaran produk kopi sangrai, kopi bubuk, maupun biji kopi. Terlebih lagi, berbagai jenis varian kopi sangat banyak di Indonesia. Mulai dari Gayo Aceh, Lampung Sumatera, Jawa, hingga wilayah tengah dan timur Indonesia memiliki kopi khas daerah.

Untuk memasarkan produk kopi secara meluas, maka anda perlu membuat produk tersebut awet selama dalam penyimpanan atau pengiriman. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan teknologi packaging terbaik.

Mempertahankan kualitas produk

Pemilihan bahan kemas yang tepat dan cara pengemasan produk yang baik akan menjaga kualitas produk dalam jangka waktu lama. Anda perlu memahami karakteristik bahan kemas dan produk yang anda kemas. Bisa dikatakan bahwa bahan kemasan aluminium foil berkaitan erat dengan kesegaran produk selama proses distribusi.

Kopi merupakan satu jenis produk yang membutuhkan perlindungan dari pengaruh luar sehingga tidak cepat rusak (perishable). Salah satunya adalah mengaplikasikan kemasan pada produk.

Umumnya, kemasan aluminium foil yang digunakan pada coklat (batang dan bubuk) termasuk kedalam jenis kemasan primer. Bahan alufoil mampu melindungi coklat dari kerusakan karena pengaruh udara, mikroorganisme, cahaya, dan faktor lingkungan lainnya.

Fitur Kemasan Alufoil yang Penting

Kedap dari faktor lingkungan

Pilihlah bahan kemasan kopi yang kedap air, kedap udara, tahan panas dan tidak merubah rasa. Karakteristik kemasan tersebut sangat diperlukan, mengingat kopi memiliki aroma yang harus terjaga, sehingga kualitas dan kesegarannya tetap baik sampai ke tangan konsumen akhir.

One way valve

Jika anda memasukkan kopi atau produk yang mengeluarkan gas, maka gunakan kemasan yang dilengkapi dengan one way valve. Valve satu arah tersebut akan mengeluarkan gas dari dalam kemasan dan menghalangi udara dari luar masuk ke dalam kemasan. Oleh karena itu, produk anda pun akan aman dari pengaruh udara dan awet tentunya.

Material kemasan berkualitas

Salah satu rekomendasi kemasan untuk kopi adalah kemasan aluminium foil. Aluminium foil sudah sering digunakan untuk kemasan produk baik keseluruhan atau hanya pelindung bagian dalam saja. Bahan ini mempunyai kelebihan yang sangat banyak, namun juga masih memiliki kekurangan yang harus diketahui sebelum menggunakannya.

Bahan Kemasan Aluminium Foil

Aluminium foil adalah bahan tipis yang terbuat dari logam alumunium (Al). Bahan kemas ini biasanya dijual dalam bentuk lembaran gulungan (roll) untuk selanjutnya diubah menjadi sachet dengan mesin filling.

Ketebalan aluminium foil

Aluminium foil memiliki ketebalan sekitar 0,15 mm dan memiliki lebar 1,52 m sampai 4 m. Umumnya alufoil tidak murni berbasis logam namun ada campuran bahan-bahan lain agar lebih aman dipakai untuk mengemas makanan.

Karakteristik alufoil

Karakteristik aluminium foil yang menjadi alasan bahan ini begitu sering digunakan yaitu

  • Bahan aluminium foil kuat sehingga tidak mudah rusak
  • Tahan panas untuk melindungi produk didalamnya
  • Sangat ringan sehingga tidak mempengaruhi berat produk
  • Hampir kedap udara cocok untuk kemasan kopi
  • Tidak mengandung magnet

Dengan pertimbangan karakteristik bahan kemas seperti di atas itulah, maka alufoil dapat dijadikan kemasan kopi terbaik. Jika anda perhatikan, produk kopi di pasaran banyak yang memakai bahan aluminium foil sebagai bahan kemasan.

Setiap bahan kemasan memiliki keunggulan dan kelemahan, tak terkecuali alufoil. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kemasan aluminium foil yang perlu kamu tahu.

Kelebihan Kemasan Aluminium Foil

Mampu melindungi produk dari sinar matahari

Salah satu keunggulan kemasan aluminium foil adalah kemampuannya melindungi produk dari kerusakan karena pengaruh sinar matahari. Kamu tentu sudah tahu jika cahaya mampu mengoksidasi minyak, gula, garam, vitamin, zat organik dan mineral lainnya.

Beberapa produk pangan memiliki sensitifitas terhadap cahaya. Jenis kemasan ini dapat menjaga kualitas produk seperti, kopi bubuk atau biji kopi. Jenis kemasan alufoil roll sangat cocok untuk mengemas produk serbuk seperti, kopi bubuk.

Salah satu cara menyimpan produk yang bagus adalah dengan melindunginya dari paparan sinar matahari langsung. Ketika dalam proses distribusi yang semua hal bisa terjadi, produk tetap lebih aman walaupun kemasan terkena sinar matahari langsung.

Tidak berbau

Kelebihan dari bahan aluminium foil adalah tidak berbau atau tidak menyebabkan bau pada produk. Jenis kemasan ini sangat cocok digunakan untuk mengemas produk yang beraroma seperti kopi atau makanan ringan karena dapat menjaga keaslian aroma produk itu sendiri. Jika diperhatikan di warung atau toko, maka kemasan kopi banyak yang berbahan aluminium foil.

Daya simpan lama

Kemasan aluminium foil memiliki sifat kedap udara. Sifat kemasan ini sangat dibutuhkan untuk mengemas produk kopi. Agar tetap menjaga kualitas kopi kemasan harus kedap udara untuk menjaga kesegarannya hingga sampai ke tangan konsumen. Serta mampu menyimpan kopi lebih lama jika dibandingkan bahan lainnya.

Tahan air

Kopi akan rusak jika terkena air atau dalam kemasannya basah. Oleh karena itu anda memerlukan material kemasan yang mampu melindungi produk dari air. Salah satu jenis kemasan yang dapat menghalangi kontak air dan produk dalam kemasan adalah berbahan aluminium foil.

Kemasan aluminium foil mampu membuat kopi aman terjaga dari pengaruh lingkungan. Bahan kemasan alufo tidak mudah rusak ataupun kemasukan air sehingga dapat diandalkan untuk menjaga kualitas kopi. Selain itu, kemasan produk ini bersifat kedap udara sehingga bisa menjaga kesegaran kopi.

Lebih aman

Salah satu pertimbangan dalam memilih bahan kemasan kopi adalah tidak berbahaya. Kemasan aluminium foil terbukti tidak membahayakan kesehatan konsumen dan paling banyak digunakan untuk mengemas makanan atau minuman. Bahan ini mampu menjaga kualitas produk dengan melindungi dari pertumbuhan bakteri yang dapat merusak produk itu sendiri.

Saat ini bahan aluminium foil tidak hanya digunakan untuk kemasan kopi saja, tetapi juga digunakan untuk mengemas produk berupa makanan mentah (beras, jagung, biji kopi mentah, dll) hingga makanan siap makan (sosis, gula, kopi bubuk, dll).

Kekurangan Kemasan Aluminium Foil

Kurang tahan terhadap pengaruh asam dan basa

Kemasan aluminium foil memiliki banyak kelebihan sebagai pengemas produk. Namun, jenis bahan kemas ini memiliki kekurangan, yakni tidak tahan terhadap asam dan basa. Jika produk anda mengandung asam dan basa tinggi sebaiknya jangan menggunakan kemasan berbahan aluminium foil.

Material harus dikombinasikan dengan bahan lain

Kemasan produk haruslah kuat dan tahan lama karena proses dan waktu distribusi bisa sangat lama. Untuk membuat bahan aluminium foil lebih kuat, maka harus dikombinasikan dengan bahan lain.

Biasanya bahan pelengkap alufoil digunakan di bagian dalam kemasan dan luar kemasan. Salah satu bahan pelapis alufoil adalah plastik yang lebih lentur dan menarik.

Harganya sedikit lebih mahal

Harga bahan kemasan aluminium foil sedikit lebih mahal dibandingkan bahan kemas lainnya, seperti kertas dan plastik. Anda bisa membelinya di Twinpack Indonesia. Minimal order pembelian adalah 3 roll. Untuk harga aluminium foil terbaru silakan hubungi kami.

Harga jual kemasan alufoil roll tersebut sebanding dengan kualitas dan karakteristik material yang super. Oleh karena itu, produk-produk yang memerlukan perlindungan khusus sebaiknya menggunakan kemasan berbahan alufoil.

Kini, anda sudah tahu bahwa setiap jenis kemasan produk memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan. Anda perlu mengenali karakteristik produk dan kemasannya. Ada produk tertentu yang hanya cocok jika dikemas menggunakan alumunium foil, ada pula yang lebih cocok dikemas dengan bahan kertas.

Model Desain Kemasan Alumunium Foil

Standing pouch aluminium foil

Jual Kemasan Standing Pouch Aluminium Foil Premium Zipper untuk mengemas kopi warna putih

Salah satu model kemasan alumunium foil adalah standing pouch dengan zipper. Di mini market seperti Indomaret atau Alfamart, kamu bisa menemukan bungkus keripik atau snack dari bahan aluminium foil.

Snack kripik/chiki dalam kemasan umumnya di desain menggelembung dan berbahan metalize dengan tujuan untuk melindungi produk lebih optimal dari kerusakan karena benturan dan faktor lingkungan seperti udara dan cahaya (light).

Kemasan metalize berbeda dengan aluminium foil. Kemasan metalize adalah lembaran polietilen standar yang dilapisi dengan aluminum tipis sehingga nampak metalik dan mengkilap (shiny finish).

Secara harfiah, metalize berasal dari kata metal yang bermakna logam. Maka maksud dari metalize adalah pelogaman (pelapisan logam pada material lain). Bahan jenis logam yang sering digunakan industri modern sebagai pelapis kemasan suatu produk agar lebih menarik dibandingkan dengan kemasan alami adalah aluminium.

Hubungi tim Twinpack untuk update harga kemasan aluminium foil untuk keripik, chiki, snack (makanan ringan).

Model kemasan standing pouch paling sering dipilih/digunakan sebagai kemasan kopi oleh UKM. Hal ini dikarenakan materialnya cukup kuat dan mampu menjaga aroma kopi. Dengan menggunakan kemasan ini, maka dapat dipastikan udara/cahaya/air tidak bisa masuk ke dalam kemasan. 

Kemasan gusset aluminium foil dengan valve

harga kemasan gusset aluminium foil untuk kopiharga kemasan gusset aluminium foil murah

Selain kemasan stand pouch ber-zipper, ada model kemasan kopi lain yang juga sering digunakan pelaku usaha. Model kemasan kopi tersebut adalah gusset dengan valve.

Valve atau katup udara merupakan celah kecil yang digunakan sebagai jalan keluarnya gas dari dalam kemasan menuju keluar. Salah satu gas tersebut adalah karbondioksida (CO2). Aroma kopi pun tetap terjaga hingga waktu yang lama.

Kemasan aluminium foil roll untuk sachet

jual kemasan roll sachet

Kopi dalam kemasan sachet memang sedang ngetren di kalangan masyarakat. Jenis kemasan yang dilengkapi dengan segel yang cukup kuat. Tipe kemasan alufoil sachet bersegel mampu menahan masuknya udara. Udara (oksigen) dapat menyebabkan kopi cepat basi. Oleh karena itu model kemasan sachet seperti ini mampu menjaga kesegaran kopi.

Untuk mendapatkan jenis kemasan kopi terbaik memang memerlukan pengetahuan. Tidak bisa sembarangan. Harus dipikirkan kelebihan dan kekurangan kemasan terhadap produk yang dikemas.

Fungsi utama kemasan adalah menjaga kualitas dan kesegaran produk selama di dalam kemasan. Kemasan aluminium foil merupakan jenis kemasan yang paling banyak digunakan para produsen kopi dan makanan ringan. Kemampuan mempertahankan kualitas produk menjadi pertimbangan penting dalam memilih bahan kemas.

Follow Instagram kami untuk update informasi kemasan produk lainnya.

5/5 - (2 votes)
Business Owner at Twinpack Indonesia | Website | + posts

Efi Dian Wijayanti - Founder CV Twinpack Indonesia. More than 10 years working at PT Amcor Flexibles Indonesia (last Process Enginer Manager Technical and Research Development).
A little brief about me:

Deeply knowledge and skillful in whole process in Rotogravure Process, from Cylinder Making, Printing, Lamination both Dry and Solvent-less, Extrusion up to End Process, Slitting and Bag Making.
Good analytical skill and comprehensive way of thinking for solving and enhancing issue in production process on daily basis or wider scope.
Well trained and understanding of achieving company's cost saving, efficiency and effectiveness for gained saving for company's goals and mission
I'm a well trained for black belt Lean Six Sigma
I want to be continuous improvement expert and giving advantage on surrounding work environment

You can reach me on Facebook or Linkedin

Telah diliput media Kumparan

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.