Cara Memilih Supplier Kemasan (Vendor Packaging) Terbaik

Cara Memilih Supplier Kemasan (Vendor Packaging) Terbaik perlu diketahui oleh penjual produk seperti kopi, teh, gula, makanan ringan, minuman serbuk, minyak dan lain sebagainya.

Kerjasama dalam sistem bisnis/perdagangan adalah keniscayaan. Supaya bisnis berjalan lancar sesuai rencana maka seorang pebisnis akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Selain customer (pembeli), pihak lain yang sangat penting perannya adalah supplier (pemasok), baik supplier bahan baku (bahan mentah), supplier kemasan, pemasok mesin produksi, dan lain sebagainya.

Pemilihan supplier mesti dilakukan dengan teliti. Pasalnya, bila keliru bekerjasama dengan supplier nakal maka bisa berefek buruk pada bisnis yang ditekuni. Misalnya saja supplier yang tidak mengirimkan produk sesuai contoh.

Bila anda memerlukan kemasan cetak rotogravure berbahan aluminium foil untuk kemasan sachet dalam jumlah banyak, maka silakan hubungi Twinpack Indonesia.

Akibat Salah Memilih Vendor Packaging

Berikut ini adalah beberapa akibat yang mungkin terjadi bila anda salah memilih vendor atau supplier packaging:

  • Memperoleh kemasan yang kualitasnya buruk. Misalnya, kualitas material kemasan di bawah standar sehingga mudah rusak.
  • Mendapatkan harga kemasan terlalu tinggi. Untuk menghindarinya, anda perlu membandingkan beberapa supplier. 
  • Tidak mendapatkan layanan purna jual yang baik. Akibatnya, saat anda sadar bahwa kemasan yang dipesan di bawah standar maka anda hanya bisa pasrah. 
  • Pengiriman kemasan lambat. Hal ini bisa membuat proses produksi anda terhambat. 
  • Kerugian finansial. Saat anda mendapati kemasan yang kualitasnya buruk maka anda perlu membeli lagi ke supplier lain yang terpercaya. Artinya, anda perlu keluar biaya lagi untuk beli kemasan. 

Lantas, sudahkah anda memahami cara memilih supplier atau vendor kemasan produk yang baik dan benar? Jika belum, maka bisa membaca ulasan kami dalam artikel ini hingga tuntas.  

Cara Memilih Supplier Kemasan (Vendor Packaging) 

Cara Memilih Supplier Kemasan (Vendor Packaging) Terbaik
Cara Memilih Supplier Kemasan (Vendor Packaging) Terbaik 3

Kemasan memiliki peran penting untuk perlindungan produk, baik itu kopi, minuman bubuk, makanan ringan (snack), gula, dan lain sebagainya. Anda perlu teliti saat memilih supplier kemasan mengingat besarnya efek kemasan dalam sebuah bisnis. Salah satu rekomendasi supplier kemasan aluminium foil terbaik adalah Twinpack Indonesia. Perusahaan di Tangerang ini juga merupakan distributor resmi kemasan KPack.

Cek Reputasi Vendor Packaging

Reputasi perusahaan merupakan citra (kesan, image) yang dibangun oleh perusahaan di persepsi customernya. Untuk membangun reputasi perusahaan yang baik diperlukan waktu yang tidak sebentar. Reputasi tersebut dibuktikan dengan kemampuan perusahaan dalam menyediakan produk atau layanan yang prima dan berkualitas.

Untuk memilih vendor packaging yang baik, anda bisa melihat reputasi perusahaan tersebut. Ada beragam media yang dapat anda manfaatkan. Misalnya saja menelusur review dan testimoni pelanggan di Google My Business atau sosial media perusahaan, melihat tanggapan yang diberikan pada setiap komentar yang masuk, dan cara perusahaan menangani keluhan.

Anda pun dapat menguji secara langsung apakah reputasi tersebut benar-benar valid. Anda bisa melakukan intelegensi sederhana dengan menanyakan produk dan layanan yang perusahaan tersebut berikan. Misalnya saja, apakah perusahaan menerima retur produk.

Periksa harga jual kemasan

Umumnya harga jual berbanding lurus dengan kualitas. Semakin mahal suatu produk maka semakin bagus kualitas produk tersebut.

Di Indonesia, harga masih menjadi faktor sensitif dalam bisnis. Customer akan berpindah ke penjual lain bila harga jualnya lebih murah.

Namun, anda jangan terpaku pada harga saja. Fokuslah pada kualitas produk dan layanan. Tidak mengapa produk anda dijual dengan premium karena sepadan dengan kualitasnya. Customer saat ini makin aware dengan kualitas. Mereka akan memilih produk/layanan yang lebih berkualitas bila harganya sama.

Untuk mendapatkan supplier kemasan yang termurah anda bisa membandingkan lebih dari 3 supplier. Cek reputasi perusahaan dan harga produk yang mereka jual. Jika harganya sama atau tidak selisih jauh namun service-nya memuaskan, saya sarankan anda memilih supplier yang memberikan pelayanan terbaik. Jika anda membutuhkan kemasan kopi atau kemasan aluminium foil, silahkan hubungi twinpackindonesia.com.

Cek kualitas bahan kemasan

Kemasan merepresentasikan kualitas produk yang ada di dalamnya. Untuk menggambarkan produk yang berkualitas, maka anda perlu memilih bahan kemasan terbaik dan desain yang menarik. Semakin bagus kualitas kemasan maka anda bisa meyakinkan customer untuk membeli produk anda.

Kualitas bahan kemasan bisa dilihat dari sifat fisik kimia material kemasan. Secara fisik anda dapat melihat dimensi dan gramasi kemasan. Dimensi disini bermakna ketebalan dan volume kemasan. Usahakan menggunakan bahan kemas yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Untuk gramasi kemasan, maka anda perlu menyesuaikan dengan bobot produk yang dikemas.

Twinpack Indonesia menyediakan kemasan berbahan aluminium foil, kertas, plastik dan kombinasi. Modelnya pun beragam. Ada yang standing pouch, gusset dan flat bottom. Untuk ukuran custom dan harga jual terbaru, silahkan hubungi admin melalui kontak yang tertera.

Layanan purna jual (after sales) yang baik

After sales service atau layanan purna jual merupakan bentuk layanan yang diberikan oleh pihak supplier kemasan kepada customernya setelah transaksi jual beli selesai. Bentuk layanan ini bermacam-macam. Misalnya garansi produk, retur barang, pelayanan keluhan dan petunjuk penggunaan produk. Twinpack Indonesia, sebagai supplier kemasan plastik vacuum terpercaya terus berusaha memperbaiki diri sehingga dapat melayani customer dengan sebaik mungkin.

Layanan purna jual yang baik akan membuat konsumen puas. Supplier umumnya telah mengecek kualitas produk yang dijual dalam kondisi bagus, jumlahnya pas sesuai pesanan, dan telah dikirimkan pada waktu tertentu. Namun demikian, kondisinya bisa berbeda ketika di tangan customer.

Nah, disinilah peran layanan purna jual. Customer dapat mengajukan keluhan atau komplain kepada penjual tentang produk yang dibelinya. Ketika memang kedua belah pihak dalam kondisi benar, bisa jadi kesalahan terjadi di pihak kurir. Karena bukan disebabkan kelalaian penjual atau pembeli, maka layanan yang bisa diberikan adalah garansi uang kembali, retur produk, atau menanggung bersama kerugian yang ada. Supplier perlu mencantumkan syarat dan ketentuan layanan purna jual ini.

Cek kapasitas produksi

Untuk menjamin kontinuitas produksi anda, maka anda perlu memilih supplier yang mampu memasok kemasan secara kontinyu. Hal ini berkaitan dengan kapasitas produksi supplier. Ketersediaan kemasan yang cukup akan membuat proses pengiriman tepat waktu dan jadwal produksi anda pun tidak terganggu.

Bila skala bisnis Anda masih kecil maka tidak masalah bekerjasama dengan supplier yang kapasitas produksinya kecil. Namun, jika bisnis sudah berkembang dan jumlah produksinya tinggi maka anda perlu mencari supplier yang kapasitas produksinya lebih tinggi. Bila anda memerlukan packaging kopi terbaik, maka Twinpack Indonesia bisa jadi supplier kemasan kopi kepercayaan untuk bisnis anda.

Kualitas kemasan

Harga kemasan adalah faktor terpenting setelah kualitas. Seringkali karena ingin mendapatkan harga kemasan kopi termurah, seorang pebisnis melupakan kualitas.

Niat hati ingin berhemat membeli kemasan murah namun bila kualitasnya murahan tentu akan bikin kecewa. Bahkan bila kemasan yang kamu gunakan mudah rusak selama pengiriman, kamu bisa mengeluarkan biaya dua kali lipat. Bisa jadi kamu harus melakukan ganti rugi ke pembeli produk kamu gara-gara kemasan.

Kontinuitas pasokan

Mendapatkan supplier kemasan yang bisa menyuplai produk secara ajeg adalah penting untuk bisnis jangka panjang. Jangan sampai produksi kamu terganggu karena kemasan tidak tersedia dari supplier kamu. 

Jika kamu mengganti kemasan produk, bisa jadi pelanggan kamu kesulitan mengenali produk kamu. Masih mending kalau mereka tidak pindah ke penjual lain. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan kemasan produk kamu selalu terjamin persediaannya. Bila perlu kamu bisa melakukan stock di gudang dalam masa 3 bulan ke depan.

Harga kemasan

Di Indonesia, harga kemasan masih menjadi faktor penting bagi pembeli untuk membeli produk. Bila kamu menyasar konsumen menengah ke bawah, maka kamu bisa menggunakan desain kemasan yang sederhana. Hal ini akan menekan harga pokok produksi produk kamu. Dengan demikian, kamu bisa mengambil margin keuntungan yang cukup sehingga bisnis kamu bisa terus tumbuh.

Keuntungan Membeli Kemasan dari Supplier

Harga kemasan lebih murah

Jika kamu mendapatkan harga kemasan kopi yang murah, maka kamu bisa menjual produk kamu dengan harga lebih rendah. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis produk kopi kamu. Kamu bisa mengalokasikan dana extra dari pembelian kemasan ke promosi atau diskon harga. Dengan harga jual kopi yang lebih terjangkau akan membuat pembeli lebih tertarik untuk mencoba produk yang kamu jual.

Selain harga beli kemasan, harga produk juga dipengaruhi oleh kualitas bahan baku dan biaya produksi. Oleh karena itu, meskipun harga kemasannya murah pastikan tidak murahan kualitasnya. Kamu bisa membeli di Twinpack Indonesia yang beralamat di Tangerang.

Dapat meningkatkan keuntungan

Jika kamu berhasil mendapatkan kemasan kopi dengan harga murah tapi berkualitas, maka ini sangat menguntungkan bisnis kamu. Dengan kemasan yang murah maka kamu bisa menjual kopi dengan lebih murah. Hal ini bisa menarik banyak pembeli untuk mencoba. Semakin banyak pembeli, maka akan meningkatkan keuntungan penjualan. 

Bayangkan bila merk kopi yang kamu jual jadi viral di sosial media. Makin besar deh keuntungan bisnis kamu.

Tips dan Cara Membeli Kemasan Langsung dari Supplier

Membeli dalam jumlah banyak

Agar kamu bisa mendapatkan kemasan kopi harga murah, maka kamu bisa membeli kemasan dalam jumlah banyak. Ketika membeli dengan jumlah banyak biasanya penjual akan memberikan harga grosir. Harga kemasan kopi akan jadi lebih murah daripada pembelian secara ecer (retail). 

Namun, kamu perlu memperhatikan kekuatan modal kamu. Meskipun harga kemasan lagi murah banget, senantiasa bijaklah dalam membeli kemasan. Kamu juga perlu membagi modal tersebut dengan investasi lainnya.

Pilih jenis bahan kemasan

Ketika membeli kemasan, sebaiknya kamu memilih jenis bahan kemasan yang harganya murah. Selama bahan kemasan tersebut masih bersifat pengganti. Misal jenis kemasan kertas umumnya lebih murah daripada kemasan aluminium foil. 

Pilihan lainnya adalah kamu menurunkan spesifikasi bahan kemas. Misalnya, alufoil ketebalan 10 mikron diganti dengan 7 mikron. Dengan begitu kamu bisa menurunkan biaya kemasan produk. Namun demikian, pastikan kamu mengutamakan kualitas kemasan sehingga tidak terjadi kerusakan saat distribusi.

Sebetulnya, mahal atau murahnya harga kemasan kopi tidak menjamin kualitas kemasan itu sendiri. Bisa saja kamu mendapati kemasan murah dan berkualitas atau kemasan mahal tapi low quality. 

Memang, setiap orang menginginkan kemasan berkualitas dengan harga murah. Pasalnya, kita bisa menjual kopi dengan harga lebih murah dan ini dapat menarik pembeli.

Namun ada ketentuan umum bahwa kualitas sebanding dengan harga. Semakin tinggi kualitas produk semakin mahal pula harganya. 

Melakukan kerjasama

Harga kemasan kopi termurah bisa diperoleh dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan pabrik atau supplier kemasan. Selaku pembeli, kamu bisa membuat perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan dengan penjual. 

Salah satu contoh dalam kerjasama adalah bila membeli kemasan di perusahaan tersebut secara berlanjut, maka kamu berhak mendapatkan harga yang lebih murah.

Gunakan desain kemasan yang sederhana

Desain kemasan mempengaruhi harga kemasan itu sendiri. Semakin rumit model desain sebuah kemasan maka semakin mahal harganya. Bahkan, proses pengerjaannya juga lama. 

Untuk menurunkan harga produk secara keseluruhan, maka kamu bisa menggunakan kemasan dengan desain sederhana (standard). Dengan model kemasan yang sederhana pun kamu bisa menarik perhatian pembeli.

Semoga tips ini bermanfaat buat anda. Follow juga instagram kami

5/5 - (10 votes)
Business Owner at Twinpack Indonesia | Website | + posts

Efi Dian Wijayanti - Founder CV Twinpack Indonesia. More than 10 years working at PT Amcor Flexibles Indonesia (last Process Enginer Manager Technical and Research Development).
A little brief about me:

Deeply knowledge and skillful in whole process in Rotogravure Process, from Cylinder Making, Printing, Lamination both Dry and Solvent-less, Extrusion up to End Process, Slitting and Bag Making.
Good analytical skill and comprehensive way of thinking for solving and enhancing issue in production process on daily basis or wider scope.
Well trained and understanding of achieving company's cost saving, efficiency and effectiveness for gained saving for company's goals and mission
I'm a well trained for black belt Lean Six Sigma
I want to be continuous improvement expert and giving advantage on surrounding work environment

You can reach me on Facebook or Linkedin

Telah diliput media Kumparan

Tinggalkan komentar

Mau tahu harga cetak kemasan custom atau informasi kemasan polos ready stock? Hubungi Kami.